Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Pasmar 3 Gelar Panen Raya Serentak Di Jajaran TNI Angkatan Laut

Marinir, TNI AL6 views

Okebung

TNI AL, Dispen Kormar Sorong. Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S.Sos., M.M., M.Tr.Opsla., didampingi Ketua Korcab Jalasenastri Pasmar 3 Ny. Rita Sugianto, menggelar Panen Raya serentak seluruh tanah air di jajaran TNI Angkatan Laut yang dipusatkan wilayah Lampung dan diikuti secara virtual bertempat di Kebun Jagung, Jl. Tuturuga, SP 1, Klamasen, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Rabu (10/07/2024).

Panen Raya serentak yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma., didampingi oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman dan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin dan dilaksanakan di semua satuan dan jajaran TNI AL mulai dari Koarmada, Lantamal, Lanal dan Pasmar Korps Marinir.

Dalam sambutannya Komandan Pasmar 3 menyampaikan bahwa ini merupakan suatu program Pemerintah yang diberikan kepada Pasmar 3 dalam melaksanakan ketahanan pangan untuk membantu Pemerintah Daerah. “Harapannya agar kegiatan ini tetap berkesinambungan dan tetap menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah, sehingga produktifitas pangan kita semakin maju dan berkembang dan tahun depan bisa menjadi negara yang eksportir bukan dengan negara yang importir dalam hal ketahanan pangan,” ucap Danpasmar 3.

Sementara itu, Plh. Sekda Kabupaten Sorong Adi Bramantyo, S.I.P mewakili Pj Bupati kabupaten Sorong Ir. Edison Siagian mengucapkan terima kasih kepada Komandan Pasmar 3 beserta seluruh jajarannya yang telah bersinergi dengan kami Pemerintah Daerah dan terus berkelanjutan. Sehingga harapan dari OPD teknis dari Dinas Pertanian juga dapat mengkolaborasikan kegiantan TNI-Polri Bersama Pemda dalam membantu gerakan perekonomian melalui kegiatan pertanian oleh masyarakat.

Turut hadir pada kegiatan panen raya tersebut, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos., M.M., para PJU dan Dankolak Pasmar 3, Pimpinan Bank BNI Cabang Sorong Bapak Robby Hans Yawan, S.E., M.H., Kabid Pertanian Provinsi Papua Barat Daya Ibu Jeklin, para pengurus Korcab Jalasenastri Pasmar 3, para kelompok tani dan pejabat Forkopimda Kabupaten Sorong.

Adapun lahan yang dipanen tersebut seluas kurang lebih 20 hektare dengan hasil panen 5 ton per hektare dari kelompok tani “Cendrawasih” dan “Mekarsari” yang merupakan kelompok tani binaan Pasmar 3. Selain panen raya Komandan Pasmar 3 juga menyerahkan paket sembako kepada para perwakilan kelompok tani secara simbolis dan diakhiri dengan foto bersama.