DUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN, TNI AL TEBAR RATUSAN RIBU BENIH UDANG VANAME DI ACEH UTARA

TNI AL447 Dilihat

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 08 Maret 2024,— TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Andi Susanto menebar benih udang Vaname sebanyak 220.000 ekor bersama dengan VNM Shrimp Aquaculture yang merupakan mitra binaan Lanal Lhokseumawe. Kegiatan ini bertujuan untuk membina ekonomi masyarakat pesisir dan merupakan bagian dari Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL, yang fokus pada lima bidang pembinaan, termasuk ekonomi. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Jalan Madat Paloh Lada, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara,Kamis (07/03).

Selain menjadi pembinaan ekonomi lokal, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya TNI AL dalam mendukung Program Ketahanan Pangan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Menurut Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, budidaya udang Vaname dipilih karena memiliki potensi besar dan mudah untuk dibudidayakan, serta memiliki solusi yang lebih mudah dalam menangani kendala budidaya.

Danlanal Lhokseumawe berharap kegiatan ini akan mendorong masyarakat untuk meningkatkan usaha budidaya mereka secara intensif dan produktif. Diperkirakan, dalam tiga bulan ke depan, udang Vaname yang ditebar akan siap dipanen sehingga memberikan dorongan ekonomi yang signifikan bagi masyarakat pesisir.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa TNI AL harus selalu mendukung kegiatan ketahanan pangan agar tetap terjaga dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.