DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH, TNI AL DAN PTFI TANDATANGANI PERJANJIAN KERJA SAMA

TNI AL1,566 views

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 3 Juli 2024,—- Dalam rangka mendukung program pemerintah menuju Indonesia Maju, TNI AL dengan PT. Freeport Indonesia (PTFI) melaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pembangunan dan Hibah Dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Timika bertempat di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (03/07).

Kegiatan yang disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali ini bertujuan untuk mendukung tugas dan fungsi TNI AL khususnya Lanal Timika serta optimalisasi pengangkutan dan penyimpanan tailing PTFI ke luar kabupaten Mimika sebagaimana telah disetujui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

PKS yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksamana Pertama TNI Kris Wibowo atas nama TNI AL dan Wakil Presiden Direktur PTFI Jenpino Ngabdi selaku perwakilan PTFI dimana telah disepakati untuk dilaksanakan hibah berupa pembangunan dermaga dan sarana prasarananya di pangkalan di Lanal Timika yang akan dilaksanakan oleh PTFI.

Pekerjaan pembangunan dermaga oleh PTFI di lahan milik Lanal Timika ini diestimasi selesai selama 2 tahun, dimana setelahnya dermaga tersebut akan diserahkan kepada TNI AL. Sedangkan untuk penggunaannya akan digunakan bersama oleh TNI AL dengan PTFI sampai dengan jangka waktu PKS berakhir. Setelah jangka waktu PKS berakhir, maka selanjutnya penggunaan dermaga Lanal Timika oleh PTFI akan dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku melalui pemanfaatan BMN.

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa pelaksanaan penandatanganan kerja sama antara TNI AL dengan PTFI, merupakan salah satu bentuk tertib administrasi yang dilakukan oleh kedua pihak untuk mengatur rencana kerja sama dengan masa berlaku lima tahun tentang pembangunan dan hibah dermaga beserta sarana prasarana di Lanal Timika di bawah jajaran Lantamal XI Merauke.

“Besar harapan, dermaga ini dapat memaksimalkan kegiatan operasional PTFI dalam rangka optimalisasi pengangkutan dan penyimpanan tailing PTFI di Lanal Timika. Selain itu, dermaga ini dapat digunakan pula untuk mendukung tugas dan fungsi TNI AL dalam menjaga kedaulatan negara. Sehingga dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara TNI AL khususnya Lanal Timika dengan PTFI”, jelas Kasal.

Sebelumnya, telah dilaksanakan peninjauan lokasi rencana pembangunan Dermaga di Lanal Timika dan sarana prasarananya oleh PTFI. Pelaksanaan peninjauan lokasi oleh Tim Supervisi dan Pokja merupakan kegiatan lanjutan untuk mendapatkan data real di lapangan yang dituangkan dalam PKS antara TNI AL dengan PTFI sekaligus memastikan rencana fasilitas-fasilitas yang akan dibangun serta memastikan tahapan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh PTFI yang berlokasi di Lanal Timika.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut