Edukasi Mengenai Keselamatan Penggunaan Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari Dihadiri Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Korem 02219 Dilihat

Simalungun | Korsleting masih menjadi salah satu penyebab utama kebakaran di lingkungan masyarakat. Sekitar 78% penyebab kebakaran adalah listrik, baik karena peralatan rumah tangga, pengunaan kabel listrik yang tidak Standar Nasional Indonesia (SNI), hingga terbakarnya kabel pengisi daya baterai ponsel lantaran tidak dicabut. Masalah utama dalam mempelajari kelistrikan adalah tidak terlihat dan tidak bisa diraba, bahkan kita tidak mau merabanya. Kita tahu ada listrik setelah melihat akibatnya, misal lampu menyala, kipas berputar, dan radio bersuara. Ada tiga bahaya yang diakibatkan oleh listrik, yaitu kesetrum (sengatan listrik), panas atau kebakaran, dan ledakan.
Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa Koramil 10/Tanah Jawa jajaran Kodim 0207/Simalungun Pelda M Sormin mewakili Danramil 10/Tanah Jawa menghadiri Undangan dari PLN Pematang Siantar dalam rangka Upaya Edukasi keselamatan ketenaga Listrikan terkait Bahaya Listrik dan Pencegahannya pada Masyarakat Umum, yang dipimpin langsung Bapak Petrus Gading Aji NP, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Hotel Sapadia Pematang Siantar, Sabtu (19/11/2022).
Pada kesempata tersebut Babinsa mengungkapkan keselamatan ketenagalistrikan adalah segala upaya atau langkah-langkah pengamanan instalasi penyediaan tenaga listrik dan pengamanan pemanfaat tenaga listrik untuk menciptakan lingkungan yang aman. Kegiatan sosialisasi bahaya dan keselamatan penggunaan energi listrik merupakan upaya atau langkah yang dilakukan untuk mengurangi bahaya kebakaran akibat listrik kepada Masyarakat, terangnya.
Bahaya Listrik adalah energi yang banyak dipakai baik dikilang, maupun dilingkungan perumahan. Energi listrik ini didapatkan dari adanya gerakan perpindahan partikel-partikel bermuatan atau bila ada gerakan relative antara penghantar dan medan magnit yang akan menimbulkan tegangan pada penghantar itu, dan tegangan listrik inilah yang kemudian didistribusikan ke pemakai.