Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Dan Anggaran Bidang Teritorial TA. 2022 Dihadiri Oleh Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Korem 02235 Dilihat

Pematang Siantar  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., yang diwakilkan oleh Kepala Staf Kodim 0207/Simalungun Mayor Inf Margana, turut serta mengahdiri kegiatan Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2022 bidang Teritorial Korem 022/Pantai Timur dengan mengusung Thema : ” Evaluasi Mewujudkan Optimalisasi Binter TNI AD “., kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Aula Pantai Timur  Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Nagori Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Kamis (01/12/2022).

Kegiatan ini merupakan bentuk evaluasi pelaksanaan program kerja yang dilakukan seluruh satuan Jajaran Korem 022/PT bidang Teritorial dalam rangka meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas. Dalam sambutan Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P yang diwakili oleh Kasiter  Korem 022/PT Mayor Inf Fahroel Muhadi menyampaikan kegiatan evaluasi seperti ini sangat penting untuk dilakukan, guna mengetahui sejauh mana pencapaian kinerja yang telah dilakukan selama ini. Dengan evaluasi ini kita dapat mengetahui hasil kerja kita sudah benar atau salah, sehingga kita dapat memilih strategi terbaik guna meningkatkan efisiensi dan melihat gambaran tentang sejauhmana pencapaian sasaran pelaksanaan program kerja dan pokok-pokok permasalahannya, serta apakah tujuan sudah tercapai atau belum.

Lebih lanjut dikatakan untuk itulah melalui kegiatan ini diharapkan adanya saran dan masukan serta solusi pemecahan permasalahan yang dihadapi, sebagai upaya perbaikan dan peningkatan kualitas program teritorial, khususnya dalam penggunaan anggaran, sehingga pencapaian Program Bidang Teritorial kedepannya akan semakin optimal dan lebih baik lagi. Dalam melaksanakan evaluasi terhadap program harus cermat, teliti dan detail pada pokok permasalahan yang dihadapi, didukung data-data yang jelas dan konkrit. Kita harus berani mengungkap persoalan yang dihadapi, sebagai referensi dalam rangka pelaksanaan Program Kerja ke depan. Agar pelaksanaan program kerja ke depan lebih tepat mencapai sasaran, para aparat teritorial harus memahami tugas pokoknya dihadapkan dengan program tugas yang dijalankan. Selanjutnya mampu menguraikan program pada tataran bawah dengan menggunakan bahasa yang lebih operasional. Lebih kreatif mengelola program, menyesuaikan dinamika dilapangan dan hindari penyimpangan. Harus diyakinkan bahwa anggaran turun ke bawah dan tepat sasaran.

Selain itu, laporkan dengan benar program dan anggaran yang dipertanggung jawabkan oleh satuannya dengan berpedoman pada tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah. Berikan saran pemikiran yang konstruktif sehingga rapat evaluasi  benar-benar bermanfaat untuk merumuskan kebijakan yang akan diambil, sehingga nantinya dapat dievaluasi, mana yang perlu dibenahi dan ditingkatkan dalam program kerja berikutnya. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan, komunikasi dan koordinasi antar satuan, sehingga dapat terwujud kesamaan persepsi dan interpretasi dalam menghadapi dinamika yang akan terjadi. Evaluasi yang disampaikan pada kegiatan ini benar-benar dapat dijadikan sebagai pedoman serta masukan berharga dalam rangka pencapaian sasaran Program Kerja dan Anggaran tahun berikutnya.

Diakhir sambutannya Danrem 022/PT berpesan kepada seluruh peserta agar memanfaatkan seoptimalkan mungkin kegiatan Evaluasi Program Kerja dan Anggaran TA. 2022 Bidang Teritorial ini, untuk mengetahui secara detail keberhasilan dan kekurangan yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pada Program Kerja dan Anggaran TA. 2022, sehingga dapat dijadikan sebagai masukan dan pedoman dalam pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TA. 2023 yang akan datang.

Rapat evaluasi yang di ikuti Para Kasdim jajaran Korem 022/PT, Para Pasi Ter Kodim Jajaran Korem 022/PT, Para Bati Staf Ter Kodim Jajaran Korem 022/PT.