Gali Nilai Kejuangan, Pasis Seskoau Angkatan Ke-60 TP 2023 Adakan Sarasehan

TNI AU349 Dilihat

OKEBUNG|
Dalam rangka Menggali nilai-nilai kejuangan, semangat patriotisme, dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah, Pasis Seskoau Angkatan Ke-60 TP 2023 mengadakan Sarasehan Kuliah Kerja Kejuangan yang dibuka secara resmi oleh Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., di Hallroom Brawijaya Novotel Hotel, Surabaya. Kamis (02/03/2023).

Dalam sambutannya, Danseskoau mengatakan Kota Surabaya merupakan kota pahlawan yang memiliki sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonial penjajah, di mana tidak hanya peristiwa 10 November 1945, tetapi berbagai peristiwa sejarah merebut kemerdekaan Indonesia.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan, sehingga kita sebagai generasi penerus, khususnya para Pasis, harus senantiasa menggelorakan semangat juang para pendahulu yang telah rela mengorbankan jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia,” tegasnya.

Semangat perjuangan para pahlawan, lanjut Danseskoau, harus terus menggelora dalam hati sanubari generasi muda penerus bangsa, apalagi sebelumnya para Pasis telah mengunjungi situs bersejarah diantaranya Makam dan Museum W.R. Supratman, Makam dan Museum Dr. Soetomo, Kampung Paneleh dimana terdapat rumah Roeslan Abdulgani, melewati Jembatan Merah sebagai saksi perjuangan arek-arek Surabaya melawan penjajah, kemudian mengunjungi Tugu Pahlawan.

Acara sarasehan yang mengangkat tema “Pengenalan Kunjungan Situs Bersejarah Dan Sarasehan Guna Meningkatkan Nilai Kejuangan Dalam Rangka Menyiapkan Kader Pemimpin Bangsa yang Cinta Tanah Air dan Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara”, turut mengundang Bapak Amad sebagai salah satu pelaku sejarah perjuangan dan veteran prajurit Heiho , Ibu Priya Vashdev merupakan putri dari T.D. Kundan, dan Dosen Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya Bapak Rojil Nugroho Bayu Aji, S.Hum., M.A., serta dipandu Ketua Dewan Kesenian Bapak Taufik ”Monyong” Hidayat.

Pada kesempatan itu, Danseskoau mengajak seluruh Pasis agar dapat memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien untuk mengumpulkan data, menganalisa, dan menginterpretasikan informasi yang disampaikan narasumber, sehingga dapat memperluas wawasan serta memperkaya pemahaman mengenai nilai-nilai kejuangan yang dapat dijadikan bekal untuk memimpin satuan di masa mendatang.