Gelar Tes Urin Dadakan Serta Pemeriksaan Kendaraan Dinas Personel Digelar Kodim 0207/Simalungun

Simalungun  |  Tes urine dadakan di Kodim melibatkan pengumpulan tiba-tiba sampel urine dari anggota Personel untuk memastikan jauh keterlibatan dari Pengguna, Pengedar dan Pemakai bagi Personel Kodim. Tes Urin ini dijalankan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu bagi mencegah individu mengelak. Sampel urine yang dikutip kemudian dianalisis untuk menentukan adakah tanda penggunaan. Tes Urin dadakan ini bertujuan untuk memastikan semua anggota tetap bebas dari penyalahgunaan Narkoba dan Obat-obat terlarang, ini dilakukan merupakan sebahagian daripada usaha untuk mencegah penyalahgunaan bagi Personel Kodim.

Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy S.B, S.I. Pem, M. Han., melakukan gebrakan spontan usai pelaksanaan Upacara Tujuh Belasan, dimana sejumlah anggota secara acak dilaksanakan tes urine, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Makodim 0207/Simalungun Jalan Jhon Horailam Saragih Pematang Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, Rabu (17/01/2024).

Kesempatan kali ini pemeriksaan tes urine secara acak tersebut menyasar kepada sebanyak 15 Orang terdiri dari Bintara : 9 Orang dan Tamtama : 6 Orang Personel militer Kodim 0207/Simalungun, pelaksanaan tes urine ini dilaksanakan oleh Staf Intelijen Kodim 0207/Simalungun, dimaksudkan sebagai upaya pengamanan tubuh atau pengamanan internal terhadap seluruh personel jangan sampai ada yang bermain-main dengan Narkoba. Mulai dari memakai, menggedarkan atau ikut menjadi pengedar dan bandarnya. Hal ini sangat tidak dibenarkan dan dilarang bagi siapapun termasuk bagi Personel Kodim 0207/Simalungun. Bila sampai ada yang ketahuan atau kedapatan menggunakan barang haram tersebut maka akan berhadapan dengan konsekuensi hukum yang berlaku di internal TNI atau sesuai UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Konsekuensi hukumnya sangat berat mulai dari penjara sampai hukuman mati. Menurutnya, untuk itu satuan melaksanakan kegiatan pemeriksaan/tes urine guna memastikan setiap personel tersebebas dan bersih dari Narkoba.

Kemudian dilanjutkan Pemeriksaan kendaraan Dinas Personel Kodim 0207/Simalungun dilapangan Kodim, Personil yang menggunakan kendaraan dinas mengumpulkan sepeda motor didepan rumah jaga Makodim 0207/SML dan diambil pengarahan, pengecekan kendaraan sepeda motor oleh pers Staf Intel, Staf log, dan pers Provost.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pasilog Dim 0207/SML Lettu Inf Surya Darma Siregar, Pasintel Dim 0207/SML Lettu Kelana Ginting, Ba Sinteldim 0207/SML (Serma P. Situmorang), Ba Sinteldim 0207/SML (Sertu Bandi Sembiring), Tim pemeriksa dari Sinteldim 0207/SML di sambut oleh Pasintel Dim 0207/SML Lettu Kelana Ginting, Pasilog Kodim 0207/SML Lettu Surya Darma Siregar, Personil Staf Intel, Personil Staf Log, Personil Provost dan Personil Unit Intel.