Gerak Cepat TNI AL Bantu Evakuasi Rumah Warga Tertimpa Pohon Tumbang di Minahasa Utara

TNI AL537 Dilihat

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 31 Januari 2024,— Cuaca hujan dengan intensitas yang cukup tinggi disertai angin kencang di beberapa wilayah Minahasa Utara mengakibatkan terjadinya pohon tumbang. TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini prajurit Pangkalan Udara TNl Angkatan Laut (Lanudal) Manado bersama Satgas Penanggulangan Bencana berhasil membantu evakuasi pohon tumbang yang menimpa salah satu rumah warga di Perum Korpri Mapanget, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Selasa (30/01).

Terjadinya pohon tumbang dikarenakan terkikisnya tanah yang menahan akar pohon sehingga tidak mampu lagi menahan beban pohon yang cukup besar.

Mendengar kejadian tersebut, Danlanudal Manado, Letkol Laut (P) Tatang Yanuar Ristanto, M.Tr.Opsla., memerintahkan prajurit siaga bencana bergerak cepat menuju lokasi kejadian untuk membantu warga yang terkena musibah dan membersihkan pohon tumbang bersama Babinsa Koramil 1310-04 Dimembe, PLN, dan Personel BPBD Minahasa Utara.

Danlanudal Manado mengatakan bahwa cuaca buruk yang terjadi di beberapa wilayah Minahasa Utara pekan ini perlu mendapatkan perhatian masyarakat dan pemerintah.

“Respon ini merupakan upaya kita untuk segera membantu kesulitan warga Minahasa Utara yang menjadi korban musibah akibat bencana cuaca buruk. Tanggap bencana merupakan komitmen Pemerintah bersama Forkopimda Minahasa Utara, agar aktifitas warga dapat dipulihkan kembali”, pungkas Danlanudal Manado.

Dari hasil evakuasi, tidak terdapat korban jiwa pada kejadian tersebut, namun salah satu rumah warga mengalami kerusakan.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menerima informasi yang diterima serta TNI AL berkomitmen untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang mengalami kesulitan.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.