Gotong Royong, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bersama Warga Bangun Jalan Desa

Korem 02213 Dilihat

Simalungun  |  Hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan contoh dan teladan yang baik untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di wilayah binaanya. Babinsa tidak lepas dari kegiatan teritorial yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang aparat di Desa Binaannya. Babinsa dituntut untuk selalu bersinergi dengan pemerintahan desa maupun warga masyarakat. Selain untuk mempererat hubungan komunikasi dengan perangkat Desa, menurutnya gotong royong ini juga menunjukkan wujud kepedulian Babinsa. Juga salah satu cara berkomunikasi dengan warga di tempat desa binaan.

Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Serbelawan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Bambang turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Gotong-royong bersama warga Masyarakat desa binaan, kegiatan gotong royong yang dilakukan tersebut merupakan salah satu bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, guna perbaikan sarana jalan yang dapat di Lalui Masyarakat. Keakraban dan kekompakan Babinsa bersama warga nampak terlihat dalam pembuatan jalan tersebut. Keberadaan Babinsa di tengah-tengah warga menumbuhkan semangat dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur demi kepentingan bersama, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Bandar Selamat Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, Minggu (15/01/2023).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Bambang mengungkapkan, Gotong royong merupakan tradisi kita di sini, jalan merupakan sarana yang sangat penting guna menunjang kelancaran transportasi warga. Biasanya bila musim hujan jalan ini becek dan licin sehingga rawan dilalui kendaraan, dengan adanya pengerasan jalan atau pembangunan ini kita tidak akan kuatir lagi dan warga pun nyaman melintasinya, saya sangat senang dapat bekerja bersama warga, sehingga keberadaan kita selaku Babinsa dapat di kenal dan di terima baik oleh masyarakat, melalui kegiatan seperti ini dapat menguatkan kerjasama dan kekompakan dalam memajukan wilayah kita, terangnya.

Gotong-royong dalam membangun jalan ini untuk menjalin hubungan komunikasi dengan masyarakat di wilayah binaannya, ini diperlukan sebagai cara pendekatan dan pembinaan. Selain itu pengecoran jalan ini bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur desa saat musim penghujan kondisi jalan sudah bagus, peran serta Babinsa dalam setiap pembangunan dan kegiatan yang ada di wilayah merupakan upaya lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga silaturahmi dan kemanunggalan TNI bersama Rakyat dapat terjalin lebih erat, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Nagori Bandar Selamat Kecamatan Dolok Batu Nanggar Bapak Sunardi Purba mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan peran aktif Babinsa dalam pengecoran jalan ini, ia menjelaskan dengan adanya Babinsa masyarakat lebih bersemangat untuk menyelesaikan pembangunan jalan ini, semoga jalinan komunikasi dan kerjasama antara Babinsa dengan Pemerintah Desa dapat selalu terjalin dengan baik, ujarnya.

Kegiatan Gotong-royong tersebut turut serta dihadiri oleh, Ketua Maujana Bapak Darto, Para Gamot Nagori Bandar Selamat, Tokoh masyarakat Nagori Bandar Selamat dan Masyarakat Nagori Bandar Selamat.