Gowes di Kesatrian, Komandan Puspenerbal Tinjau Yanus Sepak Bola dan Panahan

TNI AL586 Dilihat

TNl AL-Puspenerbal (16/1/2024).
Manfaatkan jam olahraga pagi, Gowes Santai bersama staf menjadi pilihan kali ini. Menempuh jarak 15 kilometer berputar di dalam Kesatrian Pangkalan Udara TNl AL Juanda, Puspenerbal, Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar. S.M. berkesempatan meninjau latihan Yanus olahraga Sepak Bola dan Panahan, Selasa (16/1/2024).

“Udara pagi ini sangat bagus dan segar setelah sore dan tadi malam diguyur hujan, Pangkalan Juanda yang masih asri dan terpelihara dengan pepohonan yang rindang sangat mendukung bila kita berolahraga, ayo kita berolahraga biar sehat,” kata Danpuspenerbal saat start bersepeda bersama para pejabat utama dari depan Gedung R. Kasenda Mako Puspenerbal Juanda.

Tampak hadir mengambil bagian dalam olahraga pagi ini Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana, Inspektur Puspenerbal Kolonel Laut (T) Bambang Yunianto, Dirrenbang Puspenerbal Kolonel Laut (P) M. Tohir, Dirlog Puspenerbal Kolonel Laut (P) Panugrah Asyari, Danwing Udara 2 Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah, Dankolat Penerbal Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu dan perwira staf lainnya.

Menurut Danpuspenerbal, olahraga secara teratur, terukur dan berkelanjutan merupakan salah satu ikhtiar untuk tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Oleh karena itu olahraga sangat penting dan dianjurkan untuk dilakukan setiap individu sesuai kemampuan masing masing.

TNl/TNl AL lanjut orang nomor satu dijajaran Puspenerbal ini, telah menyiapkan waktu, sarana dan prasarana olahraga bagi personelnya untuk berolahraga di semua satuan TNl, seperti di Puspenerbal ini, kita memiliki beragam fasilitas olahraga yang dapat di manfaatkan prajurit setiap saat.

“Saya merasa senang fasilitas olahraga saat jam olahraga digunakan maksimal prajurit, seperti pagi ini saya melihat dan menyaksikan prajurit melaksanakan latihan olahraga sepak bola dan panahan,” terangnya.

Bahkan di Lapangan Panahan X-10 Puspenerbal, Danpuspenerbal memainkan busurnya untuk melepaskan beberapa anak panah ke sasaran.

Menurutnya, olahraga panahan merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam anjuran Nabi Muhammad SAW. Hal ini dikuatkan dari beberapa hadis Rasul yang menyebutkan soal memanah seperti berikut, ”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

Aktivitas memanah ini terangnya, dapat menimbulkan tekanan pada otot lengan, dada, bahu, dan punggung, sehingga olahraga ini bermanfaat untuk mengontrol keseimbangan, melatih Koordinasi, menyehatkan jantung, membuat lebih fokus, meningkatkan kepercayaan diri dan menenangkan pikiran.