Guskamla Koarmada III Gelar Trengginas Bahari TNI AL di Biak

TNI AL10 views

Guskamla Koarmada III Gelar Trengginas Bahari TNI AL di Biak

Biak,(27/06).
TNI AL/ Koarmada III. Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji didampingi Ketua Cabang 6 DJA III Ny. Alvita Bimoaji, memimpin kegiatan Lomba Trengginas Bahari TNI Angkatan Laut Biak di Pantai Camar Mako Guskamla Koarmada III, Biak Papua. Kamis (27/06/24)

Kegiatan Trengginas Bahari diikuti oleh Satuan Wilayah TNI AL yang berada di Biak, dimana masing-masing Satuan menyiapkan sebanyak 6 Personel yaitu Guskamla Koarmada III, Lanal Biak, Wing Udara 3 dan Lanudal Biak.

Lomba Trengginas Bahari ini merupakan upaya untuk mengasah kemampuan Prajurit Jalasena, menguji ketangkasan kemampuan dasar, dan sebagai salah satu implementasi dari program prioritas dalam membangun prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut yang profesional dan tangguh.

Dalam sambutan saat pembukaan, Komandan Guskamla Koarmada III menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Prajurit yang hadir dan Panitia yang telah menyiapkan kegiatan ini meski kondisi cuaca sedang hujan. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam lomba yaitu kerja sama Tim, kekompakan, solid, jiwa korsa dan mengutamakan keamanan, serta keselamatan personel, dalam pelaksanaannya terdapat 5 Pos yang harus dilewati dengan persoalan/ problem yang dilombakan, terdiri dari renang laut, bongkar pasang senjata, tali-temali, komunikasi (semaphore), dan lomba mendorong truk.

Masih dalam sambutannya, Komandan Guskamla Koarmada III menyampaikan bahwa Lomba Trengginas Bahari ini merupakan cerminan Prajurit Jalasena yang sangat dibanggakan, meskipun kita berdinas di Biak atau di darat namun kemampuan bahari tidak terlupakan. Kekompakan Tim dan kekompakan kita khususnya TNI Angkatan Laut yang berdinas di Biak akan menjadi cerminan dan contoh bagi Instansi lain atau Matra lain dan juga bagi masyarakat Biak Numfor.

Selanjutnya, di sela penyerahan penghargaan kepada pemenang dan peserta lomba, Komandan Guskamla Koarmada III juga menyampaikan agar para peserta lomba kelak dapat mengaplikasikan materi persoalan yang didapat pada Lomba Trengginas Bahari di Satuannya masing-masing atau pada situasi sesungguhnya misalnya di Medan tempur, tidak lupa, Komandan mengucapkan apresiasi atas semangat yang luar biasa, kompak dalam satu Tim yang saling support dalam memecahkan persoalan yang ditemukan. Hal inilah yang harus ditunjukkan kepada TNI Angkatan Laut, TNI, Bangsa dan Negara, bahwa Prajurit TNI AL yang berada di Biak, tidak hidup sendiri dan tidak individual, tapi bekerja dalam Team Work yang solid dan kompak, imbuh Danguskamla Koarmada III.

Sementara itu pada bagian lain, diakhir kegiatan, dalam rangka mempertahankan stamina Prajurit dan meningkatkan minat olahraga Personel Guskamla Koarmada III, Komandan Guskamla Koarmada III menyerahkan 10 (sepuluh) Unit sepeda kepada masing-masing Kewasgiatan Guskamla Koarmada III, serta kendaraan roda empat jenis pick up yang merupakan hasil perbaikan secara swadaya untuk dapat dipergunakan mendukung setiap kegiatan dan operasional Guskamla Koarmada III di Biak terkait dengan keterbatasan sarana transportasi yang dimiliki di Biak.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat