Hasilkan Tanaman Yang Berkualitas dan Produktif, Babinsa Lakukan Pembersihan Di Sekitar Lahan Buah Naga

OKEBUNG|
Serda Parizal Sani Babinsa Koramil 06/Singkarak Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif bersama masyarakat binaan bapak Yulfandrizal.

Kegiatan P3MP dibidang pertanian yaitu tanaman Buah Naga dengan luas lahan lebih kurang 1/4 H bertempat di Jorong Data Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Minggu, 20 November 2022.

Perkembangan tanaman saat ini sudah berumur 293 hari dan dalam proses perawatan dan pembersihan di sekitar tanaman.

Budidaya buah naga mudah dilakukan karena tanaman buah naga (Hylocerous undatus sp) sangat mudah hidup meskipun pada tanah kurang subur.

Tanaman buah naga yang dibudidayakan akan diambil buahnya untuk dikonsumsi, maka perlu diupayakan dan dijaga agar buah naga aman dikonsumsi. 

Seperti yang dilakukan oleh Serda Parizal Sani bersama warga binaan, melaksanakan perawatan tanaman dengan melakukan pembersihan di sekitar lahan agar tidak ada gulma yang menganggu tumbuh kembang tanaman buah naga tersebut.

Serda Parizal Sani mengatakan, Pemeliharaan atau perawatan merupakan kunci utama dalam budidaya tanaman buah naga. Pemeliharan yang baik dan tepat akan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan produktif.

“Pemeliharaan tanaman buah naga meliputi pengikatan batang, pemangkasan, penyiraman, penyiangan, pengendalian hama penyakit dan pemupukan,” sambungnya.

Salah satunya penyiangan, penyiangan yaitu membersihkan gulma rumput dan tanaman lain yang tidak dikehendaki yang tumbuh disekitar tanaman buah naga.

“Penyiangan dilakukan supaya tanaman buah naga memperoleh nutrisi secara maksimal tanpa ada gangguan (kompetisi) dengan tanaman lain dan gulma,” ungkap Serda Parizal Sani.