HELI PANTHER PERTAJAM KUALIFIKASI SHIP BOARD OPERATION DI KRI-590

TNI AL219 Dilihat

TNl AL-Puspenerbal (2/2/2024).
Sebagai bagian dari peningkatan kualifikasi penerbang TNI Angkatan Laut, Helikopter AS 565 MBe Panther yang dioperasikan Skuadron Udara 100 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda melaksanakan Ship Board Operation (SBO) di KRI Makassar-590 yang berlayar di sekitar Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Jumat (2/2/2024).

Sebagai instruktur, Mayor Laut (P) Aris Pujiantoro yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 100 dan Lettu Laut (P) Andromeda sebagai Siswa Pilot yang melaksanakan Captaincy Training di Heli AS 565 MBe Panther.

Komandan Wing Udara 2 Puspenrbal Juanda, Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah mengatakan, Touch and Go dilaksanakan beberapa kali di KRI Makassar yang sedang berlayar dengan kecepatan rata-rata KRI Makassar sekitar 15 Knots, Pendaratan dan Penerbangan dari KRI Makassar berjalan lancar.

Menurut Adam, Kemampuan Ship Board Operation (SBO) ini tentu wajib dimiliki bagi para penerbang helikopter di lingkungan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal), guna mendukung operasi baik Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.

“Tentunya, SBO memiliki teknik tersendiri terlebih jika dihadapkan oleh cuaca buruk dan harus melaksanakan pendaratan segera di Kapal dengen helideck,” terang Adam.

Selain itu, para penerbang TNI AL juga selalu melatihkan ini dan menjadi salah satu materi wajib yang harus dilewati sejak menjadi siswa penerbang TNI Angkatan Laut.