High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Simalungun Dihadiri Dandim 0207/Simalungun

Korem 02232 Dilihat

Simalungun | Dalam rangka untuk menekan Inflasi Jelang Bulan Suci dan Idul Fitri, Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem., M.Han, turut serta menghadiri High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Simalungun, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Ruangan TB Simatupang KPw Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar Kota Pematang Siantar, Senin (13/03/2023).
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga resmi membuka High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Simalungun, Rapat tersebut dalam rangka upaya pengendalian inflasi Kabupaten Simalungun dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. “Meskipun kondisi pandemi sudah berakhir, namun saat ini kita masih dihadapkan pada tantangan meningkatnya resiko ekonomi dan inflasi akibat Geopolitik Dunia. Kondisi ini menyebabkan naiknya tekanan inflasi global dan berdampak terhadap komunitas pangan,” ujar Bupati Simalungun.
Dalam hal ini adapun Januari 2023 sampai saat ini, terjadi fluktuasi harga bahan pangan di Kabupaten Simalungun, antara lain Beras, minyak goreng, cabai merah, dan bawang merah. Bupati Radiapoh mengatakan, salah satu dukungan Pemkab Simalungun dalam pengendalian inflasi yaitu menyiapkan program strategis.
Diantaranya menjaga keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan bahan pangan dengan perencanaan pasar induk dan kawasan pertanian terpadu. ‚ÄúDengan adanya rencana program ini, diharapkan kedepannya perekonomian masyarakat dapat bangkit, inflasi dapat terjaga, dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” katanya.
Bupati mengajak koordinasi serta kolaborasi guna menyamakan persepsi, serta rencana aksi dalam mengendalikan kebutuhan pokok masyarakat, untuk menghindari terjadinya inflasi yang dapat meningkatkan kemiskinan. “Untuk itu mari kita bekerjasama dan membuat langkah-langkah strategis dalam memetakan setiap persoalan yang ada saat ini, meliputi harga, pasokan maupun distribusi khusus pada komunitas minyak goreng, daging, telur ayam, gula pasir, bahan bakar minyak, dan gas LPG,” katanya.
Pada kesempatan itu juga Dandim 0207/Simalungun mengungkapkan mengingat Rapat High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Simalungun ini sebagai program Nasional, maka saya mengajak kita semua untuk bersama-sama membangun koordinasi dan kolaborasi guna menyamakan persepsi serta rencana aksi dalam mengendalikan kebutuhan pokok masyarakat, semoga program kegiatan yang telah disusun dalam Roadmap ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga mendukung kegiatan ekonomi yang lebih produktif dan merata yang akhirnya dapat menekan laju inflasi, TNI Siap Mendukung kegiatan ini khusunya Kodim 0207/Simalungun, tutup Dandim.