Hormati Jasa Para Pahlawan, Lanal Semarang Ziarah Ke TMP

TNI AL704 Dilihat

SEMARANG|
Untuk menghormati jasa para pahlawan, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lanal) Semarang melaksanakan Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2024 bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal Jl. Sriwijaya, Peleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. (12/01/2024)

Ziarah rombongan dan tabur bunga ini dipimpin oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S. T., M. Tr. Hanla., M.A.P. didampingi oleh Ny. Saraswati Joko Andriyanto dengan ditandai penghoarmatan umum prajurit Lanal Semarang kepada arwah para pahlawan serta peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan.

Hari Dharma Samudera adalah peringatan untuk mengenang sejarah yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 silam, peristiwa heroik TNI Angkatan Laut yang disebut dan dikenal dengan Pertempuran Laut Aru oleh Josaphat Soedarso atau lebih akrab dengan sebutan Yos Soedarso. Pada momen ziarah rombongan dan tabur bunga tersebut dilakukan di Makam Laksamana Muda TNI (Purn) Mas Pardi, beliau adalah pemimpin BKR Laut yang merupakan cikal bakal dari TNI Angkatan Laut yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pertama dan juga dikenal dengan sebutan sebagai Bapak Pelayaran Indonesia.

Pada sambutan Danlanal Semarang mengatakan, “bukan semata untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan kusuma bangsa, namun juga untuk menjadi bahan renungan bagi para generasi penerus masa kini dan masa yang akan datang, betapa tingginya rasa patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangannya. sebagai wujud pengabdian dapat merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi perjuangan bangsa dan negara,” ucapnya.

Hadir dalam ziarah rombongan dan tabur bunga Pasops Lanal Semarang Mayor Laut (P) M. Hadi Purwanto, Pasintel Lanal Semarang Mayor Laut (E) Sudianto, Dandenpom Lanal Semarang Mayor Laut (PM) Choirul Luqman, Pasprogar Lanal Semarang Mayor Laut (KH) Rendi Afrian, para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lanal Semarang, serta para pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab V DJA II.