HUT ke-59 Korem 081/DSJ, Danrem : Jadikan Evaluasi dan Instrospeksi dalam Pengabdian

Kodam Brawijaya22 Dilihat

OKEBUNG | Korem 081/DSJ menggelar acara syukuran HUT ke-59 tahun di Gedung Serbaguna Jenderal Sudirman, Makorem, Jalan Pahlawan, Madiun, Jawa Timur, Jumat (25/11/2022).

Acara syukuran tersebut dihadiri Kodim jajaran, Dansatdisjan dan Forkopimda Madiun Raya.

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki menyatakan tema HUT tahun ini mengusung tema ”Pengabdian Kami Tiada Henti”.

Dijelaskan oleh Danrem, peringatan HUT Korem 081/DSJ bagian dari suatu bentuk pembinaan dan pemeliharaan tradisi satuan yang sangat positif.

“Kita peringati HUT-nya karena mengandung nilai-nilai historis perjalanan sejarah dan pengabdian satuan kepada masyarakat dan tidak luput dari sumbangsih, torehan prestasi dan campur tangan para sesepuh, pendiri dan para senior,” kata Danrem 081/DSJ.

Terlepas dari hal di atas, sambung Danrem, peringatan HUT ke-59 juga sebagai sarana evaluasi dan instrospeksi diri atas pelaksanaan tugas dan pengabdian selama ini.

“Sekaligus untuk mempersiapkan diri sebagai bekal dalam menyongsong tugas di masa depan, agar nantinya menjadi lebih baik dan profesional dalam pelaksanaan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” jelasnya.

Sementara dipilihnya tema ”Pengabdian Kami Tiada Henti”, menurut Deni, ini selaras dengan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian integral Satuan Korem 081/DSJ selama ini.

“Dalam hal ini Korem 081/DSJ terus konsisten dan berkomitmen untuk selalu hadir dalam setiap situasi dan kondisi krisis guna memberikan sumbangsihnya antara lain, aksi tanggap bencana baik bencana alam seperti Gempa, angin puting beliung, tanah longsor, banjir, tsunami dan lain-lainnya,” jelasnya.

Deni lantas memamerkan aksi tanggap bencana non alam, dimana saat sedang gencar merebaknya kasus Covid-19 dan PMK, Korem 081/DSJ terjun langsung berjibaku untuk berpacu dengan waktu bersama Pemerintah Daerah, Polri dan instansi terkait lainnya bersinergi dan berkolaborasi bersama, guna mengatasi krisis tersebut.

“Di samping itu semua, Korem 081/DSJ juga turut serta berkontribusi dan mendukung program-program pemerintah yang langsung menyentuh pada sendi-sendi kesejahteraan masyarakat. Diantaranya melalui Program unggulan TNI AD berupa program TMMD, Rutilahu, penanggulangan stunting, ketahanan pangan, manunggal air dan Babinsa Masuk Dapur Warga. Hal ini tidak lepas dari komitmen bentuk implementasi tema HUT Korem ke-59 Pengabdian Kami Tiada Henti,” katanya.

Begitu juga, tidak kalah pentingnya, wajib mewaspadai dan mengantisipasi pada November kali ini dengan musim penghujan yang sarat akan kerawanan berbagai macam bencana, diantaranya bencana gempa, banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

“Untuk itulah sebagai prajurit kita akan melakukan yang terbaik, demi kesejahteraan masyarakat dan kejayaan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai,” tandasnya, menutup sambutanya.


Sementara itu, pada moment istimewa kali ini juga mendatangnya Motivator Dr Raden Ridwan Hasan Saputra, yang berbicara tentang “Berpikir dan Berkarakter Suprarasional”. Dan hal ini sudah dipraktikkan oleh Danrem Kolonel Deni sehingga 2 putranya berhasil masuk AKMIL.

“Harapan saya setelah mendengar pemaparan Dr Raden Ridwan Hasan Saputra ini, anggota saya bisa terinspirasi,” harapnya.

Ceramah motivasi ini diikuti oleh audience online 5.000 simpatisan dan offline 5.00 orang.

Tak ketinggalan, Danrem juga memberi apresiasi pada para Babinsa yang berprestasi pada gelaran lomba Babinsa Awards dan Babinsa Inspiratif, juga pada jurnalis Duta Masyarakat yang memenangkan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-115 TA 2022.

Untuk diketahui, HUT diikuti 5.000 partisipan secara zoom meeting. Pada kali ini Danrem menyempatkan menyapa anggotanya yang sedang bertugas operasi di wilayah Merauke perbatasan RI-PNG. (Muz)

Sumber : Penrem 081/DSJ