Implementasi Jiwa Nasionalisme Prajurit, Kodim 0801/Pacitan Gelar Upacara Bendera

Pacitan – Komando Distrik Militer 0801/Pacitan menggelar upacara pengibaran bendera sang saka merah putih, yang berlangsung di Lapangan Upacara Makodim 0801/Pacitan Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Senin (29/01/2024).

Bertindak sebagai Irup yakni Letda Cpl Masruhin yang sehari-hari menjabat sebagai Danramil 0801/02 Kebonagung, kemudian diikuti seluruh personil baik Perwira, Bintara, Tamtama maupun PNS Kodim 0801/Pacitan.

Melalui kegiatan upacara secara rutin diharapkan selain meningkatkan kedisiplinan para prajurit, juga untuk memupuk semangat nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah.

“Upacara bendera kali ini jangan hanya dijadikan sekedar rutinitas yang biasa, namun harus benar-benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa nasionalisme kita untuk menghormati simbol negara”, ujarnya usai pimpin pelaksanaan upacara.

Lebih dari itu, dirinya juga berpesan kepada seluruh prajurit agar senantiasa berpegang teguh pada sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI, serta mengimplementasikan pada kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Terus tingkatkan etos kerja, hindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat merusak citra nama baik satuan, khususnya TNI. Jaga kepercayaan masyarakat dengan berpegang teguh pada netralitas TNI saat pemilu serentak 2024 mendatang”, ungkapnya.

Kodim Pacitan