Inovasi Koramil 03/Parongil Kodim 0206/Dairi Rubah Barang Bekas Menjadi Sarana Olahraga

Dairi—– Komandan Kodim 0206/Dairi Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan, S.I.P melalui Danramil 03/Parongil Kapten Inf T Aritonang menyampaikan Koramil 03/Parongil berinovasi membuat alat olahraga berupa Barbel dari bahan-bahan sederhana tapi berkualitas.

“Meskipun Barbel itu dibuat dari bahan-bahan bekas dan sederhana, namun kwalitasnya hampir sama dengan buatan pabrik,” kata Kapten Inf T Aritonang

Ditempat terpisah Dandim 0206/Dairi mengatakan, Olahraga merupakan kebutuhan penting bagi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Olahraga yang meningkatkan fisik biasanya dilakukan untuk menguatkan otot tertentu ataupun untuk meningkatkan penampilan.

“Banyak sekali ragam dari olahraga fisik ini, salah satu angkat barbel,” paparnya.

Olahraga ini cukup diminati khususnya oleh pria, tambahnya, selain untuk menguatkan tangan, olahraga ini membuat penampilan lebih garang.

Angkat barbel sendiri tidak membutuhkan tempat yang luas, dari segi waktu pun angkat barbel bisa dilakukan disela-sela kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan. Terlebih Barbel bisa kita buat sendiri, seperti yang dilakukan personil Koramil 03/ Parongil

Menurut pengakuan Kapten Inf T Aritonang, tidak usah mengeluarkan uang banyak untuk membeli barbel. Cukup memerlukan beberapa barang bekas, besi dan semen.

Kapten inf T Aritonang pun menjelaskan, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat barbel yaitu semen, air, pipa bekas sekitar 90 cm, ember bekas cat 5 kg dan Cat. Untuk alatnya hanya cukup mengunakan sendok tembok saja.

Apabila bahan dan alat-alatnya sudah siap, terang Kapten Inf T Aritonang, langkah pertama yaitu campurkan semen putih dengan air, aduk hingga merata, kemudian masukan adonan semen ke dalam ember kira-kira sampai ukuran 8 cm, diukur dari permukaan bawah ember, selanjutnya jemur di bawah panas matahari.

“Setelah semen itu setengah kering, tancapkan pipa besi di tengah-tengahnya sambil tuang kembali adonan semen hingga kira-kira penuhnya (ukuran 25 cm diukur dari permukaan bawah ember), lalu jemur kembali,” ujarnya

Kapten inf T Aritonang pun mengatakan, untuk mempercantik barbel buatan anggota Koramil 03/Parongil itu, dengan memberi warna dengan menggunakan cat sehingga barbel tampilannya lebih menarik.

Hasil inovasi personil Koramil 03/Parongil itu, saat ini sudah terpampang di halaman Koramil 03/Parongil Jalan Sisingamangaraja Parongil Kelurahan Parongil Kecamatan Silima Pungga Pungga. (Pendim Dairi).