Irdam IV/Diponegoro Lantik 132 Bintara TNI AD Baru Dengan Pangkat Sersan Dua

OKEBUNG | Sebanyak 132 siswa yang baru selesai menempuh Prodi Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD TA 2023 (OV) dilantik oleh Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Yudhi Pranoto mewakili Pangdam IV/Diponegoro menjadi Bintara dengan pangkat Sersan Dua (Serda). 

Pelantikan ini berlangsung melalui upacara penutupan Prodi Dikmaba TNI AD TA 2023 (OV) di Lapangan dr. Koesen Hirohoesodo, Rindam IV/Diponegoro, Senin (29/1/2024) pagi. 

Saat berti dak sebagai inspektur upacara (Irup) Irdam Brigjen TNI Yudhi Pranoto menyampaikan ucapan selamat kepada 132 mantan siswa Dikmaba TNI AD TA 2023 yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pertama baik dan sukses. 

“Selamat kepada kalian. Sudah menyelesaikan pendidikan dengan baik dan lancar sampai dilantik sebagai Bintara pangkat Serda,” kata Irdam. 

Brigjen TNI Yudhi Pranoto mengatakan, pelantikan ini merupakan titik awal pengabdian kepada bangsa dan negara sebagai seorang Prajurit berpangkat Sersan Dua

Untuk diketahui sambung Irdam, dalam penugasan di satuan kepada Bintara yang baru dilantik akan menjalankan tugas sebagai Komandan Regu, pelatih, bapak sekaligus rekan bagi para anggota. Karenanya dibutuhkan bekal kemampuan dan keterampilan yang baik. 

“Selain itu, dibutuhkan pula fisik yang prima disertai disiplin dan loyalitas tinggi berlandaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI,” tegas Irdam IV/Diponegoro.

Seorang Bintara kata Irdam lagi, merupakan tulang punggung satuan dan sebagai penghubung antara Perwira dan Tamtama. Sehingga harus dapat menelaah setiap perintah yang disampaikan oleh atasan.

“Bintara harus mampu menyampaikan perintah tersebut dengan jelas kepada bawahannya sehingga perintah dapat dilaksanakan dengan benar,” sebut Irdam sembari berpesan jadilah Bintara yang cerdas dan mampu beradaptasi terhadap segala bentuk perubahan dan tantangan dimasa mendatang. 

“Tunjukkan kalian Prajurit terlatih yang siap melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI AD yang tangguh, profesional dan dicintai rakyat,” tambah Irdam. 

Selanjutnya Irdam berpesan kepada para Prajurit untuk mempersiapkan fisik, mental maupun kesehatan guna mengikuti pendidikan lanjutan pada Tahap II sesuai kejuruan masing-masing.

Sementara itu, Serda Ridho Nur Utomo asal Kota Semarang berhasil meraih prestasi terbaik.

Upacara Pelantikan dihadiri Danrindam Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri, para Asisten Kasdam dan Kabalakdam, para Komandan Satuan jajaran Rindam IV/Diponegoro serta pelatih Rindam IV/Diponegoro. (Muiz)