Jadikan Lahan Produktif, Babinsa Bersama Petani Sulap Lahan Kosong untuk Tanaman Semangka

Kodam IM32 Dilihat

OKE BUNG|

Aceh Timur – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 16/Peudawa Kodim 0104/Atim Serda Suyanto mendampingi Nasruddin (53) yang tengah menggarap lahan kosong yang disiapkan untuk ditanami Semangka di Desa Seueneubok Punteut, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur, Kamis (05/01/2023).

Adapun lahan yang digarap merupakan lahan milik Nasruddin yang disiapkan untuk ditanami bibit buah semangka, tidak hanya itu Nasruddin juga memanfatkannya dengan bercocok tanam berbagai jenis sayuran diantaranya tanaman bayam dan kangkung.

Menurut Serda Suyanto, kegiatan berkebun ini bisa menjadi bagian dalam usaha mensukseskan program ketahanan pangan tidak hanya tanaman padi, jagung atau kedelai saja, namun berbagai macam tanaman dapat menjadi komoditi sesuai kondisi dan potensi diwilayah masing-masing.

“Seperti Pak Nasruddin menyiapkan lahan pertanian untuk ditanamai buah jenis semangka, sehingga tadinya tidak produktif bisa dimanfaatkan dan dapat maningkatkan perekonomian keluarga”. Ujar Suyanto.

Lanjutnya ia menambahkan, Nasruddin memilih tanaman semangka karena dianggap mudah, baik dalam perawatan maupun penjualan, terlebih beberapa bulan kedepan kita akan menghadapi bulan suci Ramadhan dan biasanya semangka menjadi bauh yang sangat diminati masyarakat.