Jaga Hubungan Baik, Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Komsos Diwilayah Dengan Warga Terdampak Banjir

Korem 02219 Dilihat

Tanjung Balai | Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Babinsa, prajurit TNI berada di tengah-tengah masyarakat untuk melaksanakan Binter diantaranya adalah melakukan Komsos dalam upaya menumbuhkan rasa kebersamaan antara TNI dan rakyat di wilayah desa binaan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil17/Datuk Bandar jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Abdul Hamid turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warga yang terdampak banjir agar selalu menjaga kesehatan dan tetap menjaga kebersihan karena di masa cuaca musim penghujan dan kondisi banjir rentan terserang penyakit demam dan gatal-gatal, bersama dengan Saudara Rusli dan Ibu Azizah, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Husni Thamrin Kelurahan Pahang Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai, Minggu (13/11/2022).
Babinsa Serda Abdul Hamid mengungkapkan, jika kegiatan Komsos tersebut bertujuan meningkatkan keamanan dan silaturahmi dengan warga binaannya, sekaligus untuk mengetahui kondisi dan perkembangan di masyarakat. Menurutnya melalui kegiatan Komsos akan terjalin silaturahmi yang baik dengan warga binaan akan tercipta suasana yang nyaman dan sejuk, sehingga memperlancar tugas keseharian sebagai Babinsa di wilayahnya.
Diakui, dengan Komsos pihaknya juga dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah desa binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini, sehingga apabila ada hal-hal negatif yang berkembang bisa cepat diselesaikan. “Apapun yang terjadi di wilayah binaan tentunya seorang Babinsa dapat mengetahuinya dan mengerti duduk persoalannya dengan baik,” pungkasnya.
Dalam Komsosnya Serda Abdul Hamid mengharapkan adanya jalinan kerjasama antara Babinsa dan warga dalam upaya menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan lingkungan, Komsos yang ia lakukan merupakan cermin rasa kemanunggalan TNI khususnya Babinsa kepada warga masyarakat serta tujuan Komsos itu sendiri juga untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan, dengan adanya interaksi komunikasi Babinsa dengan warga akan dapat mempererat hubungan TNI dan rakyat, tutup Babinsa Serda Abdul Hamid.