Jaga Kemampuan Dasar Prajurit, Kodim 0309/Solok Gelar Latbakjatri Triwulan IV

OKEBUNG|
Meningkatkan kemampuan dan profesional Prajurit khususnya dibidang menembak, Kodim 0309/Solok menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan IV Tahun 2022 yang bertempat di Lapangan tembak Polres Solok Kota Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. Kamis, 01 Desember 2022.

Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, S.E., melalui Pasi Ops (Perwira Seksi Operasi) Kapten Cba Heryanta mengatakan, latihan menembak ini merupakan latihan rutin yang di laksanakan setiap 3 bulan sekali atau yang disebut latihan Triwulan dan hari ini merupakan Triwulan yang ke 4 yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNl khususnya jajaran Komando Kewilayahan.

“Saya harapkan pada pelaksanaanya seluruhnya dapat mengikuti prosedur latihan atau aturan yang berlaku dilapangan tembak, tidak ada kegiatan diluar perintah dan pengawasan pibak demi keamanan dan ketertiban pelaksanaan latihan menembak agar dapat berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Menurutnya latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) tersebut dilakukan untuk mengasah, memelihara dan mempertahankan kemampuan menembak personel. Kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan dasar Prajurit TNI yang harus senantiasa diasah dan dilatihkan kepada personel.

“Dengan latihan menembak, anggota Kodim dapat melatih kedisiplinan, ketenangan, kesabaran dan akurasi yang tepat selama latihan menembak. Pergunakan waktu latihan dengan sebaik-baiknya agar dapat melaksanakan latihan ini dengan maksimal, aman dan tidak ada terjadi kendala apapun,” ungkapnya.

Untuk memacu semangat dan mengetahui kemampuan menembak perorangan, lanjutnya dalam pelaksanaan latihan ini, setiap anggota yang menembak akan nilai secara perorangan. Penilaian tersebut terdiri dari menggunakan 3 sikap yaitu sikap tiarap, sikap duduk dan sikap berdiri dengan jumlah amunisi 10 butir per sikap dengan jarak tembak 100 meter.