Jalani Latihan Para Dasar, Taruna Akmil Tingkat IV/Sermatutar Bertolak ke Pusdiklat Kopassus

Dispenad33 Dilihat

OKEBUNG | Danmentar Brigjen TNI Dwi Sasongko memberangkatkan Taruna Akmil tingkat IV/Sermatutar TP 2023/2024 mengikuti latihan  Para Dasar melalui upacara Laporan Pemberangkatan Pendidikan Para Dasar bagi Taruna Akmil tingkat IV/Sermatutar TP 2023/2024 di Lapangan Mako Mentar Akmil, Senin, (29/1/2024). 

Danmentar saat membacakan amanat tertulis Gubernur Akademi Militer disampaikan kepada Taruna Akmil tingkat IV, bahwa Pendidikan Para Dasar bagi taruna merupakan bagian integral dari pengembangan spesialisasi Prajurit TNI AD. 

Tujuan utama dari pendidikan ini kata Danmentar, untuk memberikan kemampuan dasar terjun sebagai prajurit lintas udara dan memenuhi kualifikasi dasar penerjunan, baik secara teori maupun praktik, sesuai dengan ketentuan Dikbangspes Para Dasar.

“Dengan memperoleh kualifikasi Para Dasar, diharapkan para taruna akan lebih siap secara fisik maupun moral untuk ditugaskan pada satuan-satuan di jajaran TNI Angkatan Darat yang membutuhkan kualifikasi Para,” kata Danmentar mengutip sambutan Gubernur Akmil. 

Sementara itu, Pendidikan Para Dasar tersebut akan dimulai pada 2 Februari 2024 hingga 7 Maret 2024 di Pusdiklatpassus Batujajar Bandung.

Danmentar Akmil menekankan bahwa latihan ini memerlukan kesiapan mental dan fisik yang prima, sehingga para taruna dapat terhindar dari risiko latihan yang tidak diinginkan.

“Kepada seluruh taruna tingkat IV/Sermatutar selamat berlatih. Selamat mengikuti Pendidikan Para Dasar,” pesannya. 

Gubernur Akmil sambung Danmetar bahwa Civitas Akademika Akmil mendorong agar latihan dijalankan dengan penuh semangat untuk mencapai hasil optimal. Bahkan berharap agar para taruna kembali ke Kesatrian Akmil dalam keadaan sehat dan selamat secara keseluruhan. (Muiz)