Jamin Kesejahteraan Prajurit dan PNS, Kodiklatal Ikuti Sosialisasi Tabplin TNI AL

TNI AL595 Dilihat

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya 11 Januari 2024—–

Guna menjamin kesejahteraan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Kodiklatal menerima Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Dana Tabungan Disiplin (Tabplin) TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Tabplin, Kolonel Laut (S) Rachmat Kurniawan Putra beserta Tim Sosialisasi dari Diskual Mabesal, bertempat di JOPR Gedung Soedomo Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Kamis (11/01/2024).

Dirum Kodiklatal Laksma TNI Dedy Junaidi dalam sambutannya yang dibacakan Paban 3 Pers Kodiklatal Kolonel Laut (S) Bagus Handoko mengatakan kegiatan sosialisasi ini, diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada semua personel Kodiklatal agar mengetahui lebih banyak tentang Tabungan Disiplin.

Lebih lanjut sebagai anggota TNI Angkatan Laut yang secara langsung merupakan peserta Tabplin, hendaknya mengetahui dan memahami secara lebih mendalam tentang manfaat dan faedah dari Tabungan Disiplin yang tiap bulan dipotong dari gaji yang diterima.

“Untuk itu, marilah kita simak dan perhatikan dengan sebaik-baiknya sosialisasi yang akan disampaikan oleh Tim dari Diskual. Saya berharap, dalam kegiatan ini terjalin komunikasi yang baik, berjalan secara dialogis dan peserta sosialisasi bisa memanfaatkan waktu secara aktif dan bertanya tentang hal-hal yang belum jelas, sehingga pertemuan hari ini benar-benar membawa manfaat yang optimal bagi kita semua”, jelasnya.

Kepala Badan Pengelola Tabplin dalam paparannya mengatakan bahwa, Tabplin adalah tabungan prajurit dan PNS TNI AL yang bersumber dari penyisihan gaji personel TNI AL setiap bulan selama berdinas aktif dan diterimakan saat purna tugas.

Berdasarkan Perkasal No.57 tahun 2020 tentang perumahan pribadi melalui Dinas TNI AL dikatakan bahwa Pinjaman Pemilikan Rumah (PPR) Tabplin meliputi, pembangunan rumah di tanah sendiri bersertifikat, renovasi rumah pribadi bersertifikat atas nama debitur atau suami/istri, pembelian rumah bersertifikat, dan perumahan yang disediakan dengan pengembang.

Sedangkan pengajuan pinjaman PPR Tabplin, personel TNI AL dapat melakukan langkah-langkah yaitu, personel mengajukan permohonan secara berjenjang dengan melampirkan persyaratan administrasi sesuai peruntukan PPR, kemudian Kasatker meneruskan permohonan anggotanya kepada Kadiswatpersal dengan memverifikasi persyaratan administrasinya terlebih dahulu, selanjutnya Kadiswatpersal bersama Tim PPMD TNI AL memverifikasi dokumen persyaratan, apabila memenuhi syarat, Kadiswatpersal meneruskan permohonan ke Kadiskual, dan Kadiskual dalam hal ini BP Tabplin TNI AL melaksanakan realisasi kepada debitur untuk peminjaman PPR.

Kegiatan Sosialisasi Tabplin TNI AL di Kodiklatal dihadiri 200 personel terdiri dari perwakilan seluruh Antap dan PNS Kodiklatal, Kodikopsla, Kodikmar Puslatdiksarmil.

Dinas Penerangan Kodiklatal.