Jelang Satgas Pamtaswil, Prajurit Yonarmed 11 Kostrad Jalani Lattis Kipur

Kostrad18 Dilihat

OKEBUNG | Prajurit Yonarmed 11/76 Trk/GG/2/2 Kostrad sedang melaksanakan Lattis Kipur (Latihan Taktis Tingkat Kompi Tempur) di wilayah Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/11/2022).

Lattis Kipur dilakukan guna meningkatkan dan memantapkan kemampuan prajurit dalam rangkah menunjang pelaksanaan tugas Pamtas RI – Malaysia, awal tahun 2023, yang akan diemban oleh Yonarmed 11 Kostrad, nanti.

Latihan ini diselenggarakan mengacu kepada Proglatsiops yang dilaksanakan oleh satuan yang dipersiapkan untuk melaksanakan tugas operasi. 

Sementara itu, para prajurit Yonarmed 11 Kostrad dalam mengikuti latihan ini penuh semangat membara. Mereka juga tetap mematuhi protokol kesehatan. Para petarung Guntur Geni melaksanakan setiap tahapan materi dan dinamika latihan yang dinamis. 

Untuk diketahui, tugas operasi merupakan kehormatan bagi prajurit.

Pelaksanaan latihan taktis tingkat kompi tempur merupakan latihan yang dilaksanakan untuk menguji prajurit Yonarmed 11 Kostrad. Medan latihan yang dipilih juga sangat tidak mudah guna mengaplikasikan kemampuan prajurit di medan yang sebenarnya. 

Lattis Kipur kali ini dilatihkan berbagai materi diantaranya materi Jas, hukum, inteligen, teritorial, tempur dan kesehatan lapangan. Selain itu, beberapa materi pokok yang telah dikaji dari pengalaman tugas sebelumnya yang nantinya akan dihadapi dan diaplikasikan di daerah penugasan.


Danyonarmed 11 Kostrad Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem selaku Dansatgas mengatakan seorang Komandan Kompi (Danki) harus memiliki kemampuan memberikan perintah, navigasi darat, pengetahuan tentang peta. 

Selain itu, lanjutnya, kemampuan menembak serta fisik yang prima, juga sangat menentukan agar dapat meyakinkan semua anggota yang berada di bawahnya untuk mengikuti perintah yang diberikan. 

“Berlatih dengan semangat, disertai fokus, moril, kekompakan, percaya diri sendiri, bahwa kita mampu dan yakin dapat memberikan hasil yang terbaik dalam melaksanakan latihan ini guna menyongsong tugas yang mulia agar dapat mengharumkan nama satuan di penugasan nanti,” kata Danyonarmed 11 Kostrad. 

“Tetap pertahankan dan harumkan serta marwah nama Guntur Geni di medan penugasan,” tutup Danyonarmed 11 Kostrad. (Muz)