Jelang Tugas Pengamanan Perbatasan, Prajurit Yonarmed 11 Kostrad Ikuti Pembekalan Intelijen Teritorial

Kostrad57 Dilihat

OKEBUNG | Guna mendukung pelaksanaan tugas saat mengemban tugas negara sebagai Satgas pengamanan perbatasan negara RI – Malaysia di Kalimantan Utara sektor barat nanti, Prajurit Yonarmed 11 Kostrad mengikuti pembekalan intelijen teritorial (Intelter).

Pembekalan Intelter ini berlangsung selama enam hari dari tanggal 27 Maret sampai 1 April 2023 di di Gedung Guntur Geni (G3), Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Pembekalan Intelter ini diberikan langsung oleh pemateri dari Tim Sintel Angkatan Darat (AD). Dan pembekalan tersebut ditutup pada Sabtu, 1 April 2023.

Letkol Inf Imir Faishal, S.Sos selaku Ketua Tim Sintelad memimpin langsung penutupan Pembekalan Intelijen Teritorial bagi Yonarmed 11/76 Tarik/GG/2/2 Kostrad yang akan melaksanakan Satgas Pamtas di wilayah Kalimantan Utara.

Danyonarmed 11 Kostrad Letkol
Arm Gdhe Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem mengucapkan terimakasih kepada Ketua Tim Pembekalan Intelter beserta rombongan.

“Saya berharap dengan adanya pembekalan ini Prajurit Yonarmed 11 Kostrad dapat mengerti dan mempunyai bekal serta pengetahuan yang mendalam tentang intelter dan aktualisasinya secara nyata di lapangan saat penugasan pengamanan sesungguhnya nanti,” kata Danyonarmed 11 Kostrad.

Menurut Danyonarmed, kegiatan Pembekalan dilaksanakan mulai tanggal 27 Maret hingga 1 April 2023 dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, study kasus dan praktek.

Selama kegiatan pembekalan para peserta menerima beberapa materi pelajaran, antara lain pokok-pokok dasar intelijen, badan pengumpul keterangan, teori dan praktek wawancara, teori dan praktek pengamatan dan penggambaran (Matbar).

Selain itu, teori dan praktek pembangunan sistem pengamanan (Bangsispam), teori dan praktek pengusutan, teori dan praktek komunikasi orang dengan orang (KODO).

Sementara itu, Asintel Kasad Mayjen TNI Arief Jaka Tandang dalam amanatnya yang dibacakan oleh Ketua Tim Pembekalan Letkol Inf Imir Faishal, S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danyonarmed 11 Kostrad beserta Staf yang telah menerima Tim Sintelad dengan penuh keakraban.

Lebih lanjut dikatakan, pembekalan pengetahuan Intelijen ini sangat bagi Prajurit agar dapat menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas. Yakni dapat mendeteksi potensi ancaman yang timbul di daerah penugasan secara cepat dan tepat.

“Diharapkan prajurit memilki kemampuan intelijen dasar guna mendukung tugas pokok di penugasan, tetap tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pesannya.

Dalam medan penugasan, ia berpesan tingkatkan kepekaan maupun naluri intelijen, bekali diri tingkatkan kemampuan dasar prajurit dan jadilah prajurit yang memiliki militansi dan profesional dalam setiap mengemban tugas yang diberikan oleh negara. (Muis)