Jumat Bersih dan Berkah, Yonkav 5/DPC Sosialisasi Kesehatan Perkuat Kemanunggalan TNI Rakyat

PALEMBAMG•
Dalam rangka mengimplementasikan fungsi teritorial TNI AD, Yonkav 5/DPC kembali melaksanakan kegiatan rutin mingguan Jumat Bersih. Kali ini Desa Midar, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan yang menjadi sasaran prajurit Yonkav 5/DPC dalam kegiatan Jumat Bersih tersebut.

Hal tersebut disampaikan Komandan Batalyon Kavaleri 5/DPC, Mayor Kav. Fredy Christoma Pramono Putra dalam releasenya, Karang Endah Prabumulih Sumsel. (Jumat, 12/01/2024).

Dalam keterangannya Komandan Batalyon Kavaleri 5/DPC, mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh prajuritnya merupakan bagian dari pembinaan teritorial terbatas dalam rangka memperkuat kemanunggalan TNI dan Rakyat. Ungkapnya,Sabtu 13 Januari 2024.

Selanjutnya dikatakan Melalui kegiatan ini diharapkan akan terjalin komunikasi yang baik serta hubungan yang harmonis antara masyarakat dan TNI, khususnya prajurit Yonkav 5/DPC. “Semoga hal kecil yang kami lakukan bisa menjadi nilai ibadah dan memberikan nilai positif kepada warga masyarakat yang berada di sekitar asrama Yonkav 5/DPC”, tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, Dalam aksinya, prajurit Yonkav 5/DPC berkolaborasi dengan warga Desa Midar membersihkan rumput liar yang tumbuh di pinggir jalan, selokan, sampah sampah yang menyumbat saluran air, serta membersihkan tumpukan sampah yang sudah menggunung, tutupnya.

Sementara itu di waktu yang sama, Komandan Peleton Kesehatan (Dantonkes) Yonkav 5/DPC, Letda CKM. Andi Kurniawan bersama dengan Bintara Kesehatan (Bakes) Yonkav 5/DPC, Serda Boby Arif Richardo melaksanakan sosialisasi kesehatan ke beberapa rumah warga yang berada di Desa Midar.

Dalam sosialisasinya, Dantonkes Yonkav 5/DPC mensosialisasikan tentang Pola Hidup Sehat. Mengingat saat ini sudah masuk musim penghujan, penerapan Pola Hidup Sehat akan dapat meminimalisir tubuh terserang penyakit akibat perubahan cuaca ekstrem. Selain itu, Dantonkes Yonkav 5/DPC juga mensosialisasikan tentang Pola Makan Sehat yang dikhususkan kepada warga yang menderita penyakit Diabetes.

Ditempat yang sama Sumnani, Kepala Desa Midar mengucapkan terima kasih kepada prajurit Yonkav 5/DPC yang telah bersedia turun langsung ke lapangan bergandeng tangan dengan warga Desa Midar untuk melaksanakan kerja bakti, serta memberikan sosialisasi kesehatan kepada warga Desanya. Sumnani berharap kegiatan positif seperti ini dapat terus ditingkatkan dan berkelanjutan demi terciptanya Desa Midar yang bersih dan sehat.

Selesai melaksanakan kegiatan Jumat Bersih di Desa Midar, dalam perjalanan kembali menuju asrama Yonkav 5/DPC, beberapa prajurit Yonkav 5/DPC melaksanakan kegiatan Jumat Berkah dengan membagikan paket makan siang kepada warga yang melintas dan masyarakat yang kurang mampu. Semoga apa yang telah dilakukan oleh Prajurit dapat membantu meringankan beban masyarakat.

Pendam Sriwijaya