KADISKES KOLINLAMIL TEGASKAN PENTINGNYA URIKES DALAM MENJAGA KESEHATAN

TNI AL240 Dilihat

OKEBUNG|
Diawal penugasannya sebagai Kepala Dinas Kesehatan Komando Lintas Laut Militer, Letkol Laut (K) dr. Syarif Mustika Harinurdi berkesempatan memimpin upacara bendera yang diikuti segenap prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (26/12).

Upacara pengibaran bendera Merah Putih yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin ini merupakan salah satu upaya untuk memupuk jiwa nasionalisme dan pembentukan karakter prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil tentang nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

Sebelum menyampaikan amanatnya, Kadiskes Kolinlamil menyempatkan untuk menperkenalkan diri di hadapan seluruh peserta upacara bendera yang berlangsung dengan khidmat tersebut. Kadiskes Kolinlamil juga menyampaikan bahwa Diskes Kolinlamil sebagai salah satu unsur utama pembantu Pangkolinlamil pada bidang kesehatan mempunyai tugas menyelenggarakan kesehatan keangkatanlautan yang bersifat preventif, kuratif, rehabilitatif dan mengendalikan kesehatan di lingkungan TNI AL.

Lebih lanjut Kadiskes Kolinlamil mengatakan bahwa salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Diskes TNI AL adalah uji pemeriksaan kesehatan atau urikes. Urikes bukan saja menjadi hak tetapi juga menjadi suatu kewajiban yang melekat pada diri setiap prajurit TNI. Tujuan dari urikes adalah untuk mengetahui sejauh mana status kesehatan, kekuatan dan kesiapan fisik seorang prajurit serta dapat mengetahui lebih dini bilamana terdapat gangguan kesehatan sehingga dapat dilakukan upaya-upaya preventif.

“Sesuai arahan dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi, kita semua wajib untuk menjaga kesehatannya masing-masing, apalagi di kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Daya tahan tubuh kita benar-benar teruji. Kita sendiri yang tahu kondisi tubuh kita, apabila dirasakan daya tahan tubuh melemah segera berobat atau konsumsi vitamin dan makanan yang bergizi. Kalau tubuh kita lemah maka penyakit akan mudah datan. Oleh karena manfaatkan waktu olahraga yang diberikan dan juga tidak lupa untuk melaksanakan urikes sesuai jadwal yang telah dikeluarkan. Diharapkan dengan hasil urikes tersebut masing-masing prajurit mampu mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing.” ujar Kadiskes Kolinlamil.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam beberapa kesempatan telah menekankan kepada seluruh jajaran TNI AL akan pentingnya upaya-upaya untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu kesempatan waktu olah raga yang diberikan oleh dinas setiap hari Selasa dan Jumat agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya itu saja, bahkan saat melaksanakan penugasan operasi bilamana cuaca dan kondisi lingkungan laut memungkinkan setiap prajurit agar memanfaatkan waktu yang ada untuk menjaga kebugaran tubuh. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#tnialrumahpancasila
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy