Kapenrem 072/Pmk : “Prajurit Harus Bijak Gunakan Media Sosial”

OKEBUNG | Kepala Penerangan (Kapen) Korem 072/Pamungkas Mayor Czi Agus Sriyanta memberikan pembekalan kepada 127 orang personel baru Korem 072/Pamungkas bertempat di Aula Sugiono Makorem 072/Pamungkas, Jalan Reksobayan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Jumat (18/11/2022).

Materi pembekalan yang diberikan kepada anggota baru Korem 072/Pamungkas dengan tema “Bijak Dalam Penggunaan Media Sosial”. Pembekalan ini untuk memberikan pengetahuan kepada anggota Bintara dan Tamtama yang baru pindah ke Korem 072/Pamungkas, yang nantinya akan ditugaskan ke satuan Kodim jajaran Korem 072/Pamungkas.

Mayor Czi Agus Sriyanta memberikan materi meliputi pengenalan organisasi Korem 072/Pamungkas, tugas dan tanggungjawab Kapenrem, tataran kewenangan dalam memberikan keterangan pers dan kebijakan TNI AD dalam penggunaan media, baik Media Cetak, Elektronik, Online dan Medsos.

“Para Bintara dan Tamtama yang baru pindah ke Korem 072/Pamungkas, ini akan ditugaskan di satuan kewilayahan yang berhubungan dengan Pemda, Ormas, LSM dan masyarakat,” ujar Kapenrem.

Terkait hal ini, ia mengatakan, prajurit harus paham bagaimana cara membuat berita laporan kegiatan yang mengandung unsur 5W+1H. Begitu juga dokumentasi yang bagus sehingga berita tersebuat bisa dimengerti oleh pembaca serta bisa meningkatkan citra positif terhadap TNI AD.

Kapenrem 072/Pamungkas juga menyinggung Babinsa yang mempunyai kreatifitas dengan masyarkat dalam kegiatan di wilayah binaannya. Salah satunya, Serda Mugiyono, anggota Kodim 0705/Magelang.

Serda Mugiyono lanjut Kapenrem, telah berhasil mengembangkan pertanian dengan menanam Klengkeng yang saat ini sudah menikmati hasilnya bahkan mendapat penghargaan dari pimpinan TNI AD maupun pemerintah daerah dan pusat.

Perlu ditegaskan bahwa situasi saat ini serba digital dan internet  para prajurit, PNS dan keluarganya  harus paham serta bijak dalam mengunakan media sosial, guna menghindari permasalaha hukum yang berdampak pada institusi TNI AD, karier prajurit dan keluarga.

“Gunakan media secara cerdas dan bijak, saring dulu baru sharing serta ingat jarimu adalah harimaumu” Pungkasnya. (Muz)

Sumber : Penrem 072/Pmk