Kaprimkopal Kolatmar Dan Pengurus Ikuti Seminar Perpajakan Koperasi

TNI Polri20 Dilihat

Okebung

TNI AL, Kormar (Pasuruan). Kaprimkopal Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Mayor Marinir Ondi Bersama pengurus mengikuti seminar perpajakan koperasi di Hotel Kampi Tunjungan Plaza, Surabaya, Rabu (11/01/2023).

Seminar perpajakan Koperasi yang diikuti oleh seluruh Kaprimkopal dan pengurus wilayah timur dengan nara sumber Senior Auditor Siti Julaicha SE, MSA, MH, CMA, CSRS, CSRA, CRA.

Sosialisasi dan edukasi pajak ini dilakukan dengan bahasa, materi, dan cara yang sederhana sesuai dengan kondisi budaya daerah sehingga dapat berjalan secara maksimal.

Banyak WP (Wajib Pajak) kurang memahami bahkan menganggap rumit administrasi pajak. Jika WP tidak paham kemudian salah mengisi sehingga menghasilkan data yang tidak benar, maka WP akan dikenakan sanksi “begitu juga dengan pembukuan laporan keuangan sekalipun wajib pajak mendapat PPh final setengah persen, jika tidak memiliki laporan tersebut akan dianggap belum melaporkan pajak. Ini menjadi tantangan bagi pelaku usaha dalam melaporkan pajaknya,” jelasnya.

Dengan penerapan perencanan pajak yang sesuai dengan perundang-undangan maka bisa menghemat pembayaran pajak terutang dan bisa memberikan kesejahteraan bagi anggota.

Tax Planning (perencanaan pajak) merupakan suatu cara untuk meminimalisasi kewajiban perpajakan dan perencanaan pajak akan lebih optimal jika dikaitkan dengan pemahaman yang baik terhadap standar akuntansi. Dari sisi positifnya, pemahaman yang baik ini akan berefek pada creative accounting dengan tidak melanggar ketentuan perpajakan dan standar akuntansi, secara bisnis masuk akal dan dapat diterima umum serta dengan bukti-bukti pendukungnya memadai, jelasnya lebih lanjut.