Karya Bakti Koramil 10/Sepatan, Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Memasuki Musim Hujan

Kodam Jaya176 Dilihat

Kodam Jaya, Tigaraksa – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir dan munculnya wabah penyakit di wilayah Teritorialnya, Koramil 10/Sepatan, Kodim 0510/Tigaraksa, melaksanakan karya bakti yang dipimpin Serda Bambang Is sebagai Babinsa Desa Muara dengan bekerjasama dengan Kepala Desa Muara H. Syarifudin S. Pd, Binamas desa Muara Brigadir Saiful, serta para RT, RW, dan warga masyarakat sekitar.

Kegiatan karya bakti ini dilakukan di Kp Tanjungan RT 013/005 Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Kamis, (04/01/2024) dengan sasaran utama membersihkan sampah yang menumpuk di saluran air (anak sungai), membersihkan rumput liar yang menghalangi aliran saluran air, serta membersihkan tanah di sekitar saluran air.

Disampaikan Serda Bambang Is bahwa, melalui kegiatan ini, diharapkan wilayah Teritorial Koramil 10/Sepatan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi banjir dan munculnya wabah penyakit. “Membersihkan saluran air dan lingkungan sekitarnya adalah langkah penting dalam menjaga aliran air yang lancar dan mencegah genangan air yang bisa menyebabkan banjir.” jelasnya.

Ia menambahkan, selain itu dengan membersihkan sampah dan rumput liar di sekitar saluran air, juga dapat mengurangi risiko berkembangnya penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan penyakit yang terkait dengan genangan air. Kebersihan lingkungan yang terjaga akan memberikan perlindungan bagi masyarakat dari potensi wabah penyakit.

Sementara itu, Danramil 10/Sepatan Mayor Inf Jauhari mengatakan, kerjasama antara Koramil 10/Sepatan, Binamas, dan para warga masyarakat dalam kegiatan karya bakti ini wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam dan penyakit.

“Tetao jaga semangat gotong-royong dan tingkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, karena ini merupakan kunci utama dalam mewujudkan lingkungan yang nyaman dan berkelanjutan.” pungkas Danramil.

Sumber Kodim 0510/Tigaraksa