Kasad Hadiri Sidang Wandik dan Wankurad TA 2022 di Kodiklatad

Dispenad, Headline1874 Dilihat

OKEBUNG|
Sebagai wahana untuk menyamakan visi, misi dan persepsi antara Kodiklatad sebagai Pembina Pendidikan dan Pus/Cab/Fung AD sebagai LKT tingkat kebijaksanaan dalam menyempurnakan kurikulum serta pejabat Lemdik ditingkat operasional dalam menjabarkan kurikulum untuk dioperasionalkan di Lembaga Pendidikan. Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. membuka Sidang Dewan Kurikulum Pendidikan TNI AD TA 2022 bertempat di Aula M. Toha Kodiklatad. Kamis (22/12/2022)

Dengan tema “Membangun Sistem Pendidikan TNI AD Berstandar Nasional Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia Prajurit TNI AD Yang Unggul”. Sidang diawali dengan foto bersama Dankodiklatad beserta para peserta Dewan Kurikulum TNI AD TA 2022 didepan patung Jenderal Soedirman.

Dalam sambutan Dankodiklatad yang dilanjutkan dengan pembukaan sidang disampaikan bahwa Kodiklatad selaku pembina penyelenggara operasional pendidikan di Lemdik Jajaran TNI AD, mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pembinaan kurikulum. Oleh karena itu, mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi Kodiklatad melakukan transformasi kurikulum pendidikan yang semula menggunakan sistem kurikulum berbasis Jam Pelajaran (JP) diubah menjadi kurikulum berbasis Satuan Kredit Semester (SKS).

Selanjutnya dalam acara ini, disampaikan paparan Dewan Kurikulum TNI AD oleh Pabankurdik Sdirdik Kodiklatad, Kolonel Czi Ade Heri Kurniawan selaku moderator dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Setelah itu dilanjutkan pembacaan hasil Sidang Dewan Kurikulum TNI AD dari masing-masing perwakilan kelompok 1 dan kelompok 2 diakhiri dengan pembacaan hasil Sidang Dewan Kurikulum TNI AD oleh Notulen.

Sementara itu, dalam Sidang Dewan Pendidikan TNI AD TA 2022 yang dimulai setelah pelaksanaan Ishoma, dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. Kegiatan diawali dengan foto bersama didepan patung Jenderal Soedirman dilanjutkan makan siang bersama dengan para peserta sidang.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat yang dilanjutkan dengan Keynote Speaker, disampaikan bahwa pendidikan bagi TNI AD merupakan investasi bagi organisasi untuk dapat melaksanakan tugasnya dihadapkan pada perkembangan lingkungan yang semakin kompleks.

Dalam sidang Dewan Pendidikan ini, dilaksanakan kegiatan FGD dengan 2 sesi. Sesi pertama pemaparan dari 2 panelis dilanjutkan Sesi kedua yaitu diskusi dan tanya jawab. Kegiatan FGD ini dipandu oleh Doktor Stepi Anriani, S.I.P., M.Si selaku Moderator dan 2 panelis yaitu Doktor Beni Bandanajaya, S.T., M.T. selaku Direktur Akademik Dikti Vokasi Kemendikbud Ristek yang mewakili Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek menyampaikan tentang Penyelenggaraan RPL Pendidikan Tinggi Vokasi dan Brigjen TNI Yudi Paragina Firdaus, M.Sc. selaku Direktur Pendidikan Kodiklatad yang menyampaikan tentang Konsepsi Transformasi Sisdik TNI AD Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia Prajurit TNI AD Yang Unggul.

Selesai melaksanakan FGD, dilaksanakan penyerahan cinderamata dari Komandan Kodiklatad kepada panelis dan moderator dilanjutkan dengan foto bersama. Selanjutnya dibacakan hasil kesimpulan FGD oleh Notulen.

Kegiatan diakhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan secara resmi Sidang Dewan Kurikulum Pendidikan TNI AD TA 2022 ditutup oleh Komandan Kodiklatad.

(Penerangan Kodiklatad)