KASAD Terima Gelar Kaka Demong Agung Bela Negara Di Ibu Kota Nusantara

Nusantara – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyambangi Ibu Kota Nusantara dan diberi gelar Kaka Demong Agung Bela Negara oleh Sultan Paser.

“Ini merupakan adat kami terhadap setiap ada tamu agung yang pertama kali datang ke tanah Etam,” kata Pejabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun saat menyambut KSAD dititik Nol Nusantara, Rabu, 21 Februari 2024.

Dalam pemberian gelar itu, KSAD didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana dikenakan peci berwarna hitam dan syal berwarna merah oleh Kesultanan Paser YM. Aji Muhammad Jarnawi bergelar YM Sultan Ibrahim Alamsyah 3.

Gelar Kaka Demong Agung Bela Negara memiliki makna pemimpin yang agung pembela negara. “Semoga membawa keberkahan dan kebaikan buat kita semua,” tambah Makmur.

Sebelumnya, Jenderal Maruli dan rombongan terlebih dahulu disambut oleh tarian adat Ronggeng Paser yang diiringi oleh alunan musik gambus khas Paser tepat dipintu masuk titik Nol Nusantara.

Kemudian, dilakukan prosesi tepung tawar saat tiba dititik Nol dengan adat Paser. Ritual tersebut merupakan ritual yang wajib dilakukan saat tamu dari luar daerah tiba di Kalimantan Timur.

“Syukur bagi kami dan jadi ini berkah bagi daerah IKN yang mendapat perhatian luar biasa dengan kedatangan pejabat penting di sini,” ujarnya.

Selaras dengan itu, pembangunan di Kota Nusantara turut melibatkan segala unsur termasuk adat daerah.

“Mudah-mudahan kami juga tidak melupakan kearifan lokal. Kami tetap libatkan tokoh budaya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, KSAD Jendral TNI Maruli Simanjuntak ke IKN merupakan lanjutan hari kedua kunjungan kerjanya di Tanah Borneo.

Dan hari ini, KSAD untuk pertama kalinya menuju IKN di Penajam Paser Utara (PPU) melalui jalur laut dan berlayar dari Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Kemudian rombongan langsung menuju ke titik Nol IKN, dan dilanjutkan menuju ke Istana Presiden untuk melihat kesiapan menjelang Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Setelahnya, rombongan menuju Glamping IKN untuk jamuan makan siang sebelum rombongan kembali menuju ke Jakarta.

Pendam VI/Mlw