KASAL: KOLINLAMIL TIDAK HANYA KOMPONEN UTAMA PERTAHANAN NEGARA, MELAINKAN PENDUKUNG UTAMA PROGRAM PRIORITAS PEMERINTAH

TNI AL796 views

Jalasveva Jayamahe,
Jakarta, 2 Juli 2024,—- “Hadirnya Kolinlamil memiliki makna strategis tidak hanya sebagai komponen utama pertahanan negara, melainkan juga sebagai pendukung utama program prioritas pemerintah dalam upaya penguatan konektivitas maritim, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, serta perlindungan dan pengamanan laut”.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam sambutannya pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (02/07).

Lebih lanjut disampaikan, sebagai Kotama Operasi, Kolinlamil telah berhasil menyelenggarakan operasi Angkutan Laut Militer (Anglamil) dengan baik. Di sisi lain, Kolinlamil berperan sebagai pembina tunggal Anglamil TNI, serta Angkutan Laut Nasional (Anglanas) secara optimal guna mendukung kepentingan pertahanan dan keamanan negara di laut.

HUT Ke-63 Kolinlamil yang mengangkat tema “Dengan Semangat Satya Wira Jala Dharma, Kolinlamil Siap Mendukung Terwujudnya TNI AL Yang Prima Untuk Indonesia Maju” dan dihadiri para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama, para Panglima Kolinlamil dari masa ke masa, Pejabat TNI dan Polri serta Forkopimda wilayah Jakarta Utara tersebut, selaras dengan semangat pembangunan kekuatan TNI AL yang sedang digelorakan serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia sebagai bangsa maritim yang maju dan sejahtera.

Pada peringatan kali ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan demonstrasi yang ditampilkan oleh Prajurit Kolinlamil berupa senam senjata kolaborasi seni bela diri dengan kesenian tradisional yang terdiri dari Rampak Bedug, Kolintang dari penampilan Kowal dan Kolin Power Band. Demo kecakapan prajurit yang ditampilkan merupakan hasil dari pembinaan prajurit yang dilakukan selama ini. Sebagai seorang militer, prajurit Kolinlamil juga memiliki kemampuan olahraga dan bela diri yang terlatih baik dan layak untuk ditampilkan dalam event penting ini.

“TNI AL telah meneguhkan visinya dalam pembangunan postur yang modern, berdaya gentar kawasan dan berproyeksi global guna mendukung visi Indonesia emas 2045, negara nusantara yang berdaulat, maju dan berkesinambungan. Untuk mencapai visi tersebut, pembangunan kekuatan Kolinlamil menjadi salah satu bagian penting dari arah pembangunan yang akan kita lakukan. Ke depan, kita berkomitmen untuk terus menguatkan dan meningkatkan kapasitas Kolinlamil yang didukung oleh kesiapan operasional yang tinggi, baik dalam aspek kuantitas serta kualitas personel, kesiapan kondisi teknis material, maupun dukungan logistik”, ujar Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya sejumlah kegiatan menyambut HUT Kolinlamil telah dilaksanakan diantaranya lomba Juang Prajurit, Bakti Sosial (Baksos), Bakti Kesehatan, Bantuan ke Anak Berkebutuhan Khusus, Pembinaan Satuan (Binsat), Dayung, Bola Volley, Fun Golf Hole in One di laut, Futsal serta kegiatan Anjangsana dengan mengunjungi para mantan Panglima Kolinlamil wilayah Jakarta yang telah berjasa dalam perjalanan Kolinlamil. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan oleh jajaran Kolinlamil yaitu Satlinlamil 2 yang berada di Surabaya dan Satlinlamil 3 di Makassar.

Rencananya, dalam rangkaian untuk memeriahkan HUT ke-63 Kolinlamil akan dilaksanakan kegiatan Donor Darah, Bazar dan Panggung Prajurit pada tanggal 9 Juli 2024, serta Fun Run dan Fun Walk yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2024 mendatang.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.