KASAL MEMBERIKAN PEMBEKALAN AKHIR KEPADA PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-60 TA.2022

TNI AL444 Dilihat

OKEBUNG|
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memberikan pembekalan akhir kepada 182 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal angkatan ke-60 TA. 2022, bertempat di Amphiteater Gedung Samadikun, Markas Komando (Mako) Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Selasa (01/11/22).

Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang dan pembacaan Curiculum Vitae Kasal oleh Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP. Kasal dalam pembekalannya menyampaikan empat Misi yaitu mewujudkan Prajurit TNI AL yang profesional, tangguh dan berkarakter; membangun struktur kekuatan TNI AL dengan manajemen organisasi modern, efektif dan efisien; mewujudkan SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu) yang terintegrasi, kesiapan operasional tinggi, berteknologi mutakhir dan interoperability; serta membina kekuatan dan kesiapan operasional TNI AL sebagai kekuatan matra laut yang mampu dan tangguh dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Selain itu, Kasal juga menyampaikan beberapa kriteria seorang Perwira yang baik, diantaranya haus akan pengetahuan, mau bertanya dan mencari tahu. Selain itu Perwira yang baik adalah Perwira yang profesional dalam artian mencintai serta menguasai tugas dan tanggung jawabnya. Perwira juga harus menjadi sosok yang berani, kesatria dan bertanggung jawab, serta berani mengambil keputusan didasari pemahaman situasi dan pertimbangan yang matang.

Di samping itu, Perwira harus berpikiran terbuka (open minded), mau menerima masukan dan bahkan kritikan, serta memiliki pola pikir yang terus berkembang atau growth minded, bukan stagnan karena terjebak oleh rutinitas dan zona nyaman atau fixed minded serta tidak takut gagal dan berani mencoba. Perwira yang baik juga tegas dalam bersikap namun tidak otoriter, tetap bijaksana dan tenang di tengah krisis sehingga dapat berpikir jernih dan membuat keputusan yang tepat.

Diakhir pembekalannya Kasal menyampaikan pesan kepada para Pasis Dikreg Seskoal angkatan ke-60, “Sebagai Perwira Staf dan Komando, jadilah Staf yang membuat Komandan yakin dalam mengambil keputusan dan jadilah Komandan yang membuat anak buah yakin dalam melaksanakan apa yang kalian putuskan”. Setelah pembekalan akhir dari Kasal, kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab, pemberian cindera mata dan foto bersama. Kegiatan berlangsung dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.