Kasal : Pemimpin TNI AL dengan Cakrawala Luas Akan Mampu Penuhi Amanah Pengawal Laut Nusantara

TNI AL1855 Dilihat

OKEBUNG|
“Hanya dengan para pemimpin yang memiliki visi jauh ke depan serta cakrawala pandang yang luaslah TNI Angkatan Laut akan mampu menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan yang dapat memenuhi amanah dan harapan sebagai pengawal laut Nusantara.”

Hal tersebut ditekankan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat memimpin upacara pembukaan Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-61 TA 2023 di Auditorium Yos Soedarso, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu, (12/11) kemarin.

Menurut Kasal sebagai pusat keunggulan center of exellence, Seskoal dituntut untuk selalu berbenah diri, berkembang secara akseleratif dalam aspek kelembagaan, organisasi dan sumber daya manusia agar mampu melahirkan kader-kader pemimpin TNI Angkatan Laut (TNI AL) seperti yang dikehendaki.

Dikreg Seskoal Angkatan ke-61 tahun 2023 diikuti sebanyak 117 Perwira Menengah yakni 100 Perwira Siswa (Pasis) TNI Angkatan Laut yang terdiri dari 28 Korps Pelaut (P), 22 Korps Teknik (T), 15 Korps Elektronika (E), 14 Korps Suplai (S), 14 Korps Marinir (M), 2 Korps Kesehatan (K), 4 Korps Khusus (KH) dan 1 Korps Polisi Militer (PM). Sedangkan Pasis tamu berjumlah 17 orang terdiri dari 2 TNI AD, 2 TNI AU, dan 4 Polri serta 9 Pasis Negara Sahabat berasal dari Srilanka, Malaysia, Australia, Pakistan, Amerika Serikat, India, Singapura, Filipina dan Arab Saudi.

Pendidikan Sesko Angkatan merupakan momen perubahan yang sangat penting dalam perjalanan karir seorang perwira. Penguasaan pada tataran teknis dan taktis yang dimiliki pada perjalanan karir sebelumnya akan dikembangkan dengan peringkatan kemampuan pada timgkatan yang lebih tinggi, yaitu level operasionai dan strategis. Untuk itu diperlukan perubahan mindset para perwira siswa sehingga mampu berpikir global, holistik, integratif dan memiliki visi yang jauh ke depan.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan pesan bahwa seorang pemimpin yang hebat tidak selalu yang paling hebat di antara yang lain, tetapi yang memiliki pengaruh terkuat dengan karakter, visi, cakrawala berpikir, ketulusan, empati, dan kemampuan berkolaborasi, sehingga yang terhebat sekalipun akan mengikuti jalan yang ia tempuh.”

Upacara pembukaan ini juga dihadiri oleh Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Danseskoal Laksda TNI Yoos Suryono Hadi, Wakil Komandan Seskoal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo serta para pejabat di lingkungan Mabesal dan Seskoal ini diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Kasal, dilanjutkan pembacaan laporan persiapan pendidikan oleh Direktur Pendidikan Seskoal Kolonel Laut (P) Riduwan Purnomo, S.T., M.M., Selanjutnya, Kasal menyematkan tanda Pasis kepada perwakilan siswa.

Dinas Penerangan Angkatan Laut