Kasau: Sebagai Komandan Harus Berani Menghadapi Masalah

TNI AU638 Dilihat

OKEBUNG|
Sebagai seorang Komandan, harus memiliki keberanian untuk menghadapi masalah dan jangan berharap tidak menemukan permasalahan, karena melalui sebuah masalah maka karakter seorang Komandan akan terbentuk.

Hal tersebut disampaikan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., saat memberikan ceramah pembekalan kepada peserta Kursus Komandan Satuan (Susdansat) TNI Angkatan Udara TA 2022 di Gedung Widya Mandala II, Seskoau, Lembang, Bandung Barat. Senin (21/11/2022).

Tolak ukur keberhasilan dari kepemimpinan seorang Komandan, lanjut Kasau, salah satunya mampu menyelesaikan masalah dengan baik sesuai aturan yang berlaku, sehingga tidak menimbulkan efek negatif.

“Komandan tidak dapat bekerja sendiri, tetapi harus membentuk team work dengan anak buah dengan mengetahui potensi-potensi dalam diri setiap anak buah, serta memiliki rasa kepedulian terhadap anak buah dalam hal kesejahteraan.

Kesejahteraan, lanjutnya, tidak harus berupa materi, tetapi juga kesempatan mengembangkan kualitas diri melalui pendidikan. “Berikan kesempatan untuk belajar, karena hal tersebut juga akan mendukung peningkatan kinerja organisasi,” ujarnya.

Untuk itu, Kasau berpesan agar dapat mengikutinya dengan penuh tanggung jawab karena melalui kursus ini para peserta dipersiapkan agar lebih confident dalam menjalankan tugas sesuai aturan, dan memperhatikan kesejahteraan anak buah.

Sementara itu, Danseskoau yang turut hadir mendampingi Kasau mengatakan terima kasih atas pembekalan yang diberikan kepada peserta Kursus Komandan Satuan (Susdansat) TNI Angkatan Udara TA 2022 dan harapannya dapat meningkatkan motivasi peserta kursus agar lebih percaya diri dalam memimpin satuan-satuan di TNI Angkatan Udara.

Turut hadir dalam pembekalan ini Wadan Seskoau Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., M.Han., Kakordos Seskoau Marsma TNI Basuki Arijadi, M.Si (Han)., para pejabat Seskoau, Dosen dan Patun Seskoau.