Kasau: Uji Kemampuan TNI AU Dengan Ekplorasi Konsep Kampanye Udara Terbaru

TNI AU953 Dilihat

OKEBUNG|
Melalui Latihan Angkasa Yudha 2022 akan dapat melihat sejauh mana efektivitas pada tingkatan strategis dan taktis seluruh unsur TNI Angkatan Udara serta menjadi kesempatan berharga untuk menguji kemampuan TNI Angkatan Udara dengan mengekplorasi sekaligus mengekploitasi konsep kampanye udara terbaru.

Demikian yang disampaikan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat) saat membuka Latihan Puncak TNI Angkatan Udara, Angkasa Yudha 2022 di Gedung Widya Yudha Pusat Olah Yudha (Pusoyu) Seskoau, Lembang, Bandung Barat. Senin (21/11/2022).

Untuk pertama kali, lanjut Kasau, TNI Angkatan Udara memainkan tiga skenario operasi di ketiga Komando Operasi Udara (Koopsud) sekaligus dengan satu pihak dikendalikan.

“Latihan tahun 2022 ini merupakan suatu lompatan dan tantangan besar bagi TNI Angkatan Udara, dalam hal ini diampu oleh Kodiklatau dan Koopsudnas,” ujarnya.

Untuk itu, bagi satuan-satuan baru di bawah Koopsudnas sebagai leading sector kekuatan udara nasional, maka latihan ini sangat penting untuk menguji command and control serta sebagai acuan strategic layout yang efektif di masa depan.

Lebih lanjut bagi Kodiklatau sebagai perumus latihan, Kasau mengatakan latihan Angkasa Yudha 2022 menjadi tolok ukur tersendiri atas standar latihan nasional yang berkualitas dapat diselenggarakan dengan baik.

“TNI Angkatan Udara memainkan peranan inti sebagai Sayap Tanah Air Indonesia,” tegasnya.

Hal tersebut disampaikan sebagai salah satu bentuk upaya mempertahankan bangsa, tanah air, dan angkasa Indonesia adalah melalui latihan puncak matra udara Angkasa Yudha 2022.

“Saya berpesan agar semua atensi dan perhatian pimpinan yang telah disepakati untuk dapat dilaksanakan serta dipedomani secara cermat, guna terselenggaranya latihan ini dengan mencapai sasaran sesuai yang kita harapkan bersama,” jelasnya.

Turut hadir dalam upacara ini, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., Dankodiklatau Marsdya TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., Dankoharmatau, Kapuslaiklambangjaau, para Kadis di jajaran Mabesau, pejabat Seskoau, dan peserta latihan Angkasa Yudha 2022.