Kasdam XII/Tpr Pimpin Rapat Evaluasi Operasi Pamtas RI-Malaysia

OKEBUNG|
Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Djauhari S.E., M.M., memimpin Rapat Evaluasi Operasi Pamtas RI-Malaysia di Wilayah Kodam XII/Tpr TA 2022/2023. Rapat kali ini dilaksanakan melalui video conference, yang berlangsung di Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tpr.Rabu (11/1/23)

Rapat dalam jaringan ini diikuti oleh para Asisten, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XII/Tpr, Asops Lantamal XII, Kadisops Lanud Supadio dan Kasiops Korem 121/Abw, Dansatgas Pamtas Yonif 645/Gty dan Yonarmed 19/Bogani, Dantim Penerbad dan Dantim Lanud Harry Hadisoemantri.

Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari saat membacakan amanat Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengatakan, permasalahan wilayah perbatasan bukan hanya tentang garis perbatasan antar negara, namun juga menyangkut pelanggaran perbatasan, pelanggaran prosedural keimigrasian (pelintas batas illegal), trafficking (penyelundupan atau penjualan manusia) dan pencurian sumber daya alam.

“Oleh karenanya, Satgas Pamtas di wilayah perbatasan merupakan salah satu upaya untuk mengeliminir permasalahan-permasalahan tersebut,” katanya.

Selanjutnya Kasdam XII/Tpr mengatakan, adapun tujuan diselenggarakannya rapat evaluasi ini yaitu untuk menilai dan mengukur sejauh mana pelaksanaan Tugas Kolakopsrem 121/Abw dan masing-masing Satgas di bawah Kogasgab Pamwiltas Darat Kodam XII/Tpr.

“Serta mengiventarisasi hambatan atau kendala dengan mendiskusikan langkah solusi pemecahan permasalahan dalam upaya meningkatkan kinerja dan pencapaian dalam tugas Operasi Pamtas pada TA 2023 ini,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Brigjen TNI Djauhari mengharapkan, untuk kedepannya tidak terjadi lagi kerugian baik materiil maupun personel selama dalam penugasan. Untuk itu Kasdam menegaskan kepada para Dansatgas lebih memaksimalkan pengamanan personel dengan melaksanakan pengawasan melekat terhadap anggota.

“Tekankan kepada seluruh anggota untuk selalu utamakan faktor keamanan personel dan materiil dalam setiap kegiatan. Selain itu, selama dalam pelaksanaan tugas agar saling koordinasi antar Satgas di bawah Kogasgab Pamwiltas Darat Kodam XII/Tpr yang lebih baik, sehingga tidak terjadi miskoordinasi dalam setiap tindakan di lapangan,” tegasnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)