Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Kodim 0729 Bantul

TNI Polri18 Dilihat

Bantul – Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Kodim 0729/Bantul TA. 2022, selaku penyelenggara Kapten Inf M.B Berhen Suncoko (Pasi Ter Kodim 0729/Bantul) di Aula Makodim 0729/Bantul d/a. JL. A.Yani No.1, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul

Sambutan Dandim 0729/Bantul yang dibacakan oleh Mayor Arm Mespan (Danramil 03/Kasihan) menyampaikan Kodim 0729 Bantul dalam hal ini sebagai Satuan Komando Kewilayahan di Jajaran TNI AD memiliki Program Kerja yang salah satunya adalah tentang Pembinaan Jaring Mitra Karib sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI khususnya pada Pasal 7 ayat 2 point b butir 8 menyatakan bahwa tugas pokok TNI salah satunya dapat dilakukan dengan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) melalui kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan dan pendukungnya secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta.

Pemberdayaan wilayah pertahanan diselenggarakan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara. Untuk mewujudkan kondisi yang tangguh berupa kondisi dinamis masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari segala bentuk ancaman diantaranya separatisme, terorisme, radikalisme, konflik komunal, isu politik nasional dan lokal, maka setiap Aparat Komando Kewilayahan harus memiliki kemampuan temu cepat dan lapor cepat.

Kemampuan Apkowil dalam temu cepat dan lapor cepat merupakan salah satu bentuk dari kecepatan mendeteksi suatu permasalahan yang timbul di wilayah agar dapat diantisipasi dengan pengambilan keputusan yang tepat melalui kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib yang pelaporannya dilaksanakan oleh Mitra Karib binaan Apkowil jajaran TNI AD.

Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib yang dilaksanakan oleh Satkowil TNI AD merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan di wilayah seperti tersebut di atas. Selain itu, kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib juga diharapkan dapat memberikan data yang up to date sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pimpinan serta dapat membentuk jaringan/network yang luas guna kepentingan pertahanan dan keamanan di wilayah.

“Kegiatan yang dilaksanakan bersifat pembinaan secara terus menerus dengan melibatkan segenap komponen masyarakat sebagai Mitra Karib, sehingga mereka dapat memberikan data, keterangan atau informasi yang akurat dan bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan Pembinaan Teritorial di wilayah”. Pungkasnya

Dikesempatan yang sama Kapten Chb Ladiya (Danramil 12/Pundong) memberikan Materi Wawasan Kebangsaan yaitu Cinta Tanah Air itu dimulai dari Cinta Keluarga, perbedaan suku, agama yang ada di kehidupan berbangsa dan bernegara tetap berpedomani dengan motto Bhinneka Tunggal Ika, tetap Pancasila, tetap Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila adalah dasar kehidupan semuanya baik dari kalangan tingkat kecil sampai dengan pada tingkatan kalangan besar.

Kunci utama menjaga idealisme Pancasila dan Kebangsaan dalam tatanan pemerintahan adalah kepemimpinan yang berkarakter Pancasila, bukan hanya menjadikan Pancasila sebagai jargon, namun harus mampu menjadi teladan dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Sehingga mampu membawa masyarakatnya untuk menjauhi sikap-sikap dekonstruksi yang belakangan ini muncul sebagai tanda kemerosotan rasa, paham, dan semangat kebangsaan yang bisa dilihat dari beberapa indikasi, seperti menonjolnya menonjolnya kepentingan kelompok dan golongan sendiri dengan mengorbankan kepentingan bangsa dan negara, menguatnya semangat primordialisme, mengemukanya pemaksaan kehendak mayoritas terhadap minoritas, lunturnya budaya menghormati simbol negara, tren mencontoh budaya asing dan menghujat budaya sendiri, serta memudarnya semangat dan asas satu wilayah Nusantara.

Kita harus senantiasa memantapkan wawasan kebangsaannya, baik dengan membaca literatur, mengikuti sosialisasi, seminar, sarasehan atau pembekalan. “Dengan pembekalan yang diberikan akan memberikan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya menjadi pemimpin yang berkarakter dan berwatak dan berkarakter kebangsaan untuk bisa membawa masyarakatnya menjadi masyarakat yang maju dan sejahtera, berdaya saing, namun tetap berkarakter Pancasilais, menjaga kerukunan di tengah perbedaan”. Pungkasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut Mayor Arm Mespan (Danramil 03/Kasihan) mewakili Dandim 0729/Bantul, Para Pasi Kodim 0729/Bantul, Para Danramil Kodim 0729/ Bantul, Para Babinsa Jajaran Kodim 0729/Bantul, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dari berbagai wilayah di Kabupaten Bantul.