Kegiatan Penanaman Pohon Musim Hujan Tahun 2023-2024 Serentak Seluruh Indonesia Dilaksanakan Dandim 0207/Simalungun

Simalungun  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy S.B, S.I. Pem, M. Han., turut serta melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indoseia bersama Bapak Wakil Presiden RI secara Virtual/Vidcon diwilayah Sumatera Utara dalam rangka Penanaman Pohon Musim Hujan Tahun 2023-2024 Tahap II, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di UPSA KTH Sipolha Horison Jalan Lintas Sipolha Parapat Kelurahan Sipolha Horison Kecamatan P Sidamanik Kabupaten Simalungun, Minggu (14/01/2024).

Pada kesempatan tersebut dengan rangkaian kegiatan, Bapak PJ Gubernur Sumut  beserta Ibu ketua PKK Sumut dan rombongan Forkompinda tiba dilokasi Kegiatan Penanaman pohon serentak  Indoseia wilayah Pemprov Sumut bersama Bpak Wakil Presiden RI secara virtual/Vidcon  yang dilaksanakan di UPSA KTH Sipolha Horison, dalam rangka penanaman pohon musim hujan Tahun 2023-2024, Tahap II yang disambut oleh, Dirjen PKTL Bpak Doktor Hanif Faisol Nurofig dan Kepala Korwil UPT KLHK Sipolha Horison Bpak Rudianto Saragih.

Pada kesempatan tersebut Sambutan dari Menteri Lingkungan dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya mengatakan kegiatan ini merupakan merupakan salah satu program pusat melestarikan lingkungan. Bahwa kegiatan ini akan dilanjutkan dengan dampak langkah-langkah yang lebih luas lagi, kegiatan ini murni merupakan inisiatif dari semua elemen serta masyarakat yang didukung oleh Bapak KASAL dan jajaran serta kementerian LHK khususnya sekjen dan dirjen pengelolaan sampah limbah serta desain pemulihan kerusakan lingkungan, pemerintah sangat mendukung atau mengapresiasikan kegiatan ini.

Selain kegiatan menanam pohon serentak seluruh Indonesia kita juga lakukan kegiatan aktivitas pilah sampah dan kelola sampah dengan bijak edukasi telah sampah sangat penting untuk diberikan kepada anak-anak usia dini dalam membiasakan anak-anak untuk memilah sampah dan membangun kebiasaan positif dalam mengelola sampah sehingga kebiasaan ini dapat menjadi bagian dari hidup mereka saat dewasa yang pada gilirannya dapat membantu menjaga lingkungan, kesadaran akan pentingnya fillah sampah Dan bagaimana hal ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat menjadi sangat-sangat penting dimana menjaga. Menjaga alam dan kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama terutama bagi masyarakat di wilayah sekitar.

Sambutan Wakil Presiden RI Bpak K.H. Ma’aruf Amin mengatakan Universitas teknologi Banten dengan dukungan dari TNI angkatan Laut dan segenap masyarakat ikut serta membantu melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon serentak seluruh Indonesia dan mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah di pedesaan agar dapat bernilai ekonomis dan bermanfaat. Kegiatan penanaman pohon serentak seluruh Indonesia ini juga bertujuan untuk membiasakan kita untuk membudidayakan menanam. Jangan merusak bumi, kita boleh mengolah bumi tapi tidak boleh merusaknya, jika kita tidak menjaga lingkungan maka dapat membahayakan diri sendiri dan membahayakan oranglain dan jangan membuang sampah sembarangan sembarangan demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, terangnya.

Selanjutnya menyaksikan secara virtual penanaman pohon serentak seluruh Indonesia selesai selanjutnya Bapak Wakil Presiden RI didampingi ibu beserta rombongan melaksanakan peninjauan lokasi penanaman pohon serentak seluruh Indonesia. Kemudian Bapak PJ Gubernur Sumut beserta Ibu ketua PKK Sumut dan rombongan melaksanakan penanaman Pohon serentak seluruh Indonesia secara simbolis berupa pohon Durian dan Alfokat sebanyak ± 200 pohon dimana sudah ditanam oleh kelompok tani 2000 pohon dilokasi/tempat yang disediakan ± 5 Ha, tepatnya di Sipolha Horison Kecamatan P. Sidamanik Kabupaten Simalungun.

Kegiatan Penanaman pohon serentak seluruh Indoseia Wilayah Pemprov Sumut bersama Bapak wakil presiden RI secara virtual/Vidcon yang dilaksanakan di UPSA KTH Sipolha Horison dalam rangka penanaman pohon musim hujan Tahun 2023-2024 Tahap II tersebut turut serta dihadiri oleh, Mewakili Mentri lingkungan hidup dan kehutanan Dirjen PKTL Bapak Doktor Hanif Faisol Nurofig, PJ Gubernur Propinsi Sumatra Utara Mayjen TNI (Purn) Hasanuddin beserta Ibu Ketua PKK, Pangdam I/BB diwakili Dandrem 022/PT Kolonel Inf Agustatius Sitepu, S.Sos., M.Si. M.Han., Kapolda Sumut diwakili Kompol Jennggel Nainggolan, Komandan pangkalan utama TNI AL I Belawan diwakili Letkol Laut Kariadi, Kepala intelijen Sumatra Utara diwakili Kabinda Sumut Mayor G Simatupang, Komandan pangkalan udara Soewondo Medan diwakili Kadislog Letkol Kal Irwan Hasibuan, para Pimpinan OPD Provinsi Sumatra Utara, Kepala BP Das Asahan Barumum Sumut Bapak Taufik Siregar, Bupati Simalungun Bpak Radiapoh H Sinaga S.H.,M.H beserta Ibu Ketua PKK Simalungun, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy S.B., S.I.Pem., M.Han., Kapolres Simalungun diwakili Kapolsek Sidamanik AKP S Tampubolon, Kepala Korwil UPT KLHK Sipolha Horison Bapak Rudianto Saragih, Bupati Toba diwakili Sekda Kabupaten Toba Bapak Augus Sitorus, Wali Kota Siantar diwakili Kadis Hanpang Bapak Drs LP Manurung, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Simalungun Bapak H Silalahi AP. M.Si., Para pimpinan OPD Kab Simalungun, para Kepala Balai UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Sumut, Camat P Sidamanik Bapak IQBAL, Kepala Lurah Sipolha Horison Bapak  L Sinaga dan Kelompok Tani hutan Sipolha Nauli ± 45 Orang.