Kegiatan Pengawasan Penerimaan Dan Pendaftaran Calon Anggota PPS Didampingi Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Simalungun  |  Babinsa (Bintara Pembina Desa) memiliki peran dalam melaksanakan kegiatan pengawasan terhadap penerimaan dan pendaftaran calon anggota PPS (Pengamanan Perbatasan Sipil). Tugas ini meliputi memastikan bahwa proses penerimaan dan pendaftaran calon anggota PPS berjalan sesuai dengan prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh instansi terkait. Babinsa juga bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan dan pengawasan terhadap calon anggota PPS dalam menjalani proses pendaftaran, termasuk memastikan kelengkapan dokumen dan persyaratan administrasi lainnya. Dengan demikian, Babinsa memiliki peran penting dalam memastikan keberhasilan proses penerimaan dan pendaftaran calon anggota PPS untuk mendukung keamanan di wilayah perbatasan.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Azman Wijaya bersama dengan ketua Bawaslu Kecamatan Bapak Parlin H Sihotang turut serta melaksanakan kegiatan pengawasan penerimaan dan pendaftaran calon anggota PPS, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor Bawalu Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun, Jumat (05/01/2024).

Ujian pelaksanaan calon PPS Desa sudah terlebih dahulu dilakukan seleksi melalui test administrasi dan untuk selanjutnya dilakukan ujian test dengan model CAT (Computer assistetestd test) yaitu test ujian yang menggunakan komputer untuk menentukan standart nilai. Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia pemilihan Kecamatan (PPK) berlangsung lancar, tertib dan aman.

Untuk memastikan pelaksanaan tes wawancara terhadap calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah berjalan secara transparan dan berintegritas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Dolok Panribuan melakukan pengawasan kegiatan wawancara yang berlangsung.