KENAL LEBIH DEKAT DENGAN ANGKATAN LAUT, PELAJAR SEKOLAH KUNJUNGI KOLINLAMIL

TNI AL838 Dilihat

OKEBUNG|
Program wisata edukasi berupa ‘warship tour’ yang dicanangkan oleh Komando Lintas Laut Militer sebagai wahana untuk publikasi alusista TNI AL berupa kapal perang mendapatkan animo yang tinggi dari warga masyarakat, khususnya bagi pelajar sekolah. Wisata edukasi dengan melihat lebih dekat kondisi Kapal perang Republik Indonesia (KRI) mempunyai daya tarik tersendiri bagi pelajar karena mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan prajurit pengawak KRI dan mendapatkan jawaban berbagai pertanyaan seputar kemampuan dan fasilitas yang ada di KRI. Lebih umum, kesempatan mengikuti ‘warship tour’ dimanfaatkan para pelajar untuk mendapatkan tambahan pengetahuan tentang keangkatanlautan dan kemaritiman.

Meskipun cuaca pagi ini diguyur hujan, Kamis (17/11) namun kondisi tersebut tidak menyurutkan siswa RA Al Mubarok Jakarta Timur dan siswa SMP Cikal Cendikia Islamic Fullday School Bogor untuk berkunjung ke Kolinlamil dan mengikuti kegiatan wisata edukasi warship tour di KRI Bontang-907 yang tengah sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. KRI Bontang-907 merupakan kapal jenis bantu cair minyak (BCM) atau kapal tanker yang mempunyai kemampuan untuk mendukung logistik cair berupa bahan bakar di laut kepada unsur KRI yang sedang melakukan kegiatan operasi maupun latihan. Dengan penuh antusias para pelajar dan guru pendamping berkeliling KRI sambil mendengarkan penjelasan yang disampaikan prajurit KRI Bontang-907 yang menjadi pemandu.

Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara dalam suatu kesempatan menyampaikan bahwa Staf Potensi Maritim Kolinlamil sebagai leading sector kegiatan wisata edukasi memberikan kesempatan kepada seluruh instansi atau lembaga pendidikan untuk mengetahui lebih dekat tentang unsur-unsur KRI yang menjadi alutsista Kolinlamil. “Sesuai arahan dari Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi, Kolinlamil memberikan kesempatan kepada seluruh warga masyarakat untuk melihat dari dekat unsur-unsur KRI yang tengah sandar di dermaga Mako Kolinlamil. Kami meyakini wisata edukasi “warship tour” akan memberikan pengalaman tersendiri.” ungkapnya.

Beberapa siswa dan guru pendamping yang diminta kesannya setelah melaksanakan ‘warship tour’ mengutarakan bahwa hal ini adalah pengalaman perdana bagi mereka untuk bisa melihat dari dekat fasilitas dan teknologi yang ada di KRI. Mereka sangat senang mendapatkan berbagai informasi terkait KRI dan keangkatanlautan dari prajurit KRI yang memandunya selama melaksanakan kunjungan di KRI Bontang-907. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam instruksi menyampaikan agar satuan-satuan TNI AL dan prajurit TNI AL dimanapun berada dan bertugas untuk menunjukkan komitmennya dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Dan, mampu menunjukkan amanat yang telah diberikan oleh negara dan rakyat Indonesia untuk mengawaki alutsista TNI AL dengan kerja nyata dan memberikan manfaat. (Dispen Kolinlamil).

#kasal
#tni_angkatan_laut
#tnialrumahpancasila
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy