Kenang Pertempuran Laut Aru, Prajurit Brigif 2 Marinir Peringati Hari Dharma Samudera Tahun 2023

Marinir, TNI AL16 Dilihat

Okebung

TNI AL, Kormar (Sidoarjo). Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir I Gede Edy Supryadi, M.Tr.Hanla., M.Tr(Han) selaku inspektur upacara memimpin upacara memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2023 di lapangan apel Kesatrian Marinir R. Suhadi Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Senin (16/01/2023).

Peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2023 tersebut diikuti prajurit Kima Brigif 2 Marinir, Yonif 1 Marinir dan Yonif 3 Marinir, dengan Komandan Upacara Lettu Marinir Widodo.

Dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Brigif 2 Marinir, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal)  Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa peringatan hari Dharma Samudera digunakan sebagai momentum untuk mengenang kepahlawanan para pejuang laut yang telah mendharma-baktikan, bahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara.

Hari ini, enam puluh tahun yang lalu, lanjut Kasal, satu peristiwa di Laut Arafuru menjadi lukisan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Putra-putra bumi pertiwi gugur dalam keberanian yang tak terbayangkan. Dengan kapal yang jauh lebih kecil, sama sekali tidak mengecilkan semangat patriotisme mereka untuk melawan armada Belanda.

“Dengan lantang, Komodor Yos Soedarso berseru, kobarkan semangat pertempuran. Satu pekik yang membakar semangat perlawanan Prajurit RI Matjan Tutul. Mereka tahu, peluang berhasil hampir mustahil, tetapi mereka terus bertempur dan menolak untuk menyerah,” tambahnya.

Disampaikan juga bahwa peristiwa tersebut merupakan teladan sempurna dari sikap Ksatria, semangat patriotisme, jiwa korsa, kerelaan berkorban, dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan-pahlawan samudera. Nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan itu harus terus diabadikan dalam setiap hati sanubari prajurit Jalasena dan diwariskan kepada generasi penerus bangsa.

Mengakhiri amanatnya, Kasal mengajak kepada seluruh prajurit Jalasena,  melalui sesanti Jalesveva Jayamahe, agar peringatan hari Dharma Samudera dijadikan untuk meneladani dan mengamalkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan, perjuangan dan kepemimpinan yang diwariskan oleh para pendahulu dalam setiap gerak pengabdian kepada bangsa dan negara.