Kendaraan Dinas dan Pribadi Prajurit Secaba Rindam IV Dilakukan Pemeriksaan

OKEBUNG | Kendaraan bermotor personel Secaba Rindam IV/Diponegoro baik militer dan PNS, dilakukan pemeriksaan oleh Bagian Pengamanan Rindam IV/Diponegoro dibantu Staf Pam Secaba dan Provost Secaba.

Adapun kendaraan yang disasar dilakukan pemeriksaan yakni kendaraan dinas baik roda dan empat termasuk kendaraan milik pribadi anggota militer dan PNS Secaba Rindam IV/Diponegoro.

Pemeriksaan ini dipimpin langsung Kaurpam Sipamops Bagum Rindam IV/Diponegoro di Lapangan Organik Secaba, Selasa (9/1/2024).

Kaurpam Sipamops Bagum Rindam IV/Diponegoro mengatakan, pemeriksaan kendaraan dinas secara rutin dilaksanakan untuk mengetahui kondisi dan kelengkapan kendaraan dinas inventaris prajurit dan PNS TNI AD.

“Jika dalam pemeriksaan ditemukan kendaraan tidak lengkap, maka didata untuk selanjutnya segera mungkin dilengkapi kekurangannya,” katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya pemeriksaan juga telah dilakukan pemeriksaan. Namun pemeriksaan dititikberatkan pada kendaraan dinas.

“Dan, hari ini Selasa, pemeriksaan dilaksanakan baik kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi milik prajurit dan PNS,” sebutnya.

Sementara itu, pantauan  di lapangan, pemeriksaan kendaraan yang meliputi kesiapan operasional atau kondisi kendaraan, surat-surat kendaraan dan  kelengkapannya  Tak hanya itu, kelengkapan lain juga diperiksa seperti Spion, Knalpot, Lampu Utama, Plat Nomor, Lampu Sein dan Helm SNI.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, Kaurpam menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan pada kendaraan dinas tidak ditemukan pelanggaran, baik yang bersifat ringan maupun berat.

Namun pada kendaraan pribadi masih ditemukan beberapa kekurangan kelengkapan kendaraan seperti ban yang sudah halus, lampu sein yang belum menyala maksimal. Sedangkan untuk kelengkapan surat-surat kendaraan, baik pada kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi secara keseluruhan sudah lengkap.

Untuk itu, Kaurpam menekankan kepada anggota yang kelengkapan kendaraannya masih kurang, untuk segera melengkapinya, mengingat kelengkapan tersebut berpengaruh langsung pada keselamatan pengguna atau pengendara dan membantu menghindarkan dari bahaya kecelakaan.

Yang perlu dipahami oleh seluruh personel adalah bahwa pemeriksaan dilaksanakan bukan untuk mencari kesalahan dan kekurangan anggota, namun untuk membantu meningkatkan keselamatan pengguna kendaraan, baik itu prajurit maupun PNS terutama dalam berkendara di jalan raya. (Muiz)