Kepala Bakamla RI Lakukan Kunjungan Kerja kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas

Bakamla19 Dilihat

OKEBUNG | Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bersama Kepala Biro Perencanan dan Organisasi Bakamla RI Laksma Bakamla Phundi Rusbandi melakukan kunjungan kerja kepada Menteri PPN (Perencanaan Pembangunan Nasional)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Pertemuan berlangsung di Ruang Kerja Menteri PPN, Gedung Wisma Bakrie, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Kunjungan Kepala Bakamla RI bertujuan untuk silaturahmi sekaligus berkoordinasi dalam ranah strategi penguatan Bakamla RI. Salah satu strategi penguatannya adalah peningkatan sarana dan prasarana yang dimiliki Bakamla RI, baik dalam hal jumlah maupun kapasitas yang dimiliki. Guna mendukung tupoksi Bakamla RI dalam menyelenggarakan patroli keamanan dan keselamatan laut, Bakamla RI berencana melakukan pengadaan alat pemantauan perairan di laut dan juga kapal negara.

Adapun alat pemantauan perairan di laut nantinya tidak hanya berguna bagi Bakamla RI saja, namun dapat juga dimanfaatkan oleh semua pemangku kepentingan di laut.

Sedangkan untuk kapal patroli, sesuai dengan rencana strategis (Renstra) Bakamla RI, ini juga jadi kebutuhan prioritas bagi Bakamla, dihadapkan dengan luasnya wilayah patroli. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bakamla siap menggunakan produk dalam negeri untuk mendukung kemampuan galangan kapal Indonesia.

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini Kepala Bakamla RI juga menyampaikan laporan mengenai Indeks Keamanan Laut (IKL) tahun 2022. IKL itu sendiri memeperoleh nilai 53 dengan kategori Cukup. Harapannya, dengan adanya pengadaan alat pemantauan perairan di laut, serta kapal negara Bakamla RI dapat menaikkan nilai IKL tersebut.

Di akhir perbincangan, Kepala Bakamla RI juga mengundang Menteri PPN untuk berkunjung ke Puskodal yang terletak di Mabes Bakamla RI. “Kami undang Bapak Menteri untuk dapat memantau bagaimana kondisi di laut Indonesia, dan hal yang kita lakukan di Puskodal Bakamla RI”, ucap Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Dalam kesempatan ini, Menteri PPN menyambut baik rencana kerja Bakamla RI dan undangan untuk mengunjungi Puskodal Bakamla RI. “Pada dasarnya kami mendukung Bakamla RI. Hal ini tidak lain untuk berkinerja lebih baik dalam mengamankan perairan Nusantara”, tutur Menteri Suharso Monoarfa. Dalam pertemuan ini Menteri PPN didampingi oleh Deputi Pendanaan Scneider, dan Direktur Bilateral Iwan Kurniawan.