Kesetiaan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Dampingi Petani Saat Tanam Padi

Pematangsiantar  |  Petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan jajar legowo, harapannya tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas tanaman. Matahari pagi belum beranjak tinggi. Pagi itu di Kelurahan Bp Nauli Kecamatan Siantar Marihat para Babinsa sudah berada di tengah sawah milik warga masyarakat desa binaan, dengan setia anggota Koramil 03/Siantar Selatan itu ikut menanam padi bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani yang ada diwilayah binaan. Bukan hanya sekali itu Babinsa tersebut terjun ke sawah, dilain kesempatan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) juga membantu petani lainnya menanam padi.

Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Siantar Selatan jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu D Sirait turun kewilayah desa binaan untuk turut serta melaskanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) sekaligus turut serta mendampingi menanam padi diwsawah warga masyarakat binaan, dalam pendampingan petani untuk percepatan tanam selama ini belum ada kendala yang menonjol, sehingga pelaksanaan luas tambah tanam (LTT) selalu sesuai target permintaan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan Bp Nauli Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematangsiantar, Kamis (18/04/2024).

Lebih lanjut Babinsa Sertu D Sirait mengatakan, kami membantu petani tanam padi guna percepatan dan pengolahan lahan untuk persiapan tanam padi, dan sawah di bajak dan di lakukan penyiapan bibit padi, mulai membajak sawah dan lahan mereka yang didukung pengairan yang lancer, untuk menggenjot produktifitas panenan, pihaknya sudah mengintruksikan agar dapat diupayakan untuk memperluas lahan, sehingga dapat mencapai target produksi, terangnya.

Ditempat terpisah Danramil mengatakan, petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan jajar legowo, harapannya tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas tanaman. Pada program ketahanan pangan Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan. “Tidak semua petani memahami dan setuju pola jajar legowo tetapi berdasarkan teori ahli sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas pertanian,” katanya.