Kodam I/BB Bangga Satgas Yonif 126/KC Tuntaskan Tugas Operasi Pamtas RI-PNG

OKEBUNG|
Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, melalui Kasdam I/BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi memimpin upacara penyambutan purna tugas Yonif 126/Kala Cakti sebagai Satgas Pamtas Darat Sektor Utara RI-PNG di Dermaga Ujung 104 Pelabuhan Belawan, Medan, Senin (21/11/2022).

“Pangdam I/BB beserta segenap jajaran Kodam I/Bukit Barisan menyambut kedatangan personel Satgas Yonif 126/Kala Cakti dengan penuh bangga dan rasa syukur,” ucap Brigjen TNI Rifky Nawawi.

Sebagai perwakilan Kodam I/Bukit Barisan, lanjut Kasdam I/BB, Prajurit Yonif 126/Kala Cakti telah mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG di sektor utara Provinsi Papua dengan baik, aman dan lancar.

“Karena itu, maknai acara penyambutan ini sebagai wujud penghargaan atas dedikasi pelaksanaan tugas yang telah kalian tunaikan dengan sukses,” pesan Kasdam.

Ditambahkan Kapendam I/BB, Kolonel Inf Rico J Siagian, SSos, dari Oktober 2021 hingga Oktober 2022 pelaksanaan tugas Pamtas RI-PNG, Satgas Yonif 126/KC telah berhasil mendapatkan senjata tanpa pertempuran, menemukan ladang ganja seluas 5 hektar, serta berhasil merebut hati dan pikiran rakyat Papua untuk tetap dalam bagian NKRI.

“Semua keberhasilan ini tidak terlepas dari disiplin Prajurit Yonif 126/KC dalam memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8Wajib TNI, serta komitmen yang tulus dalam melakukan penggalangan dan komunikasi sosial kepada rakyat di sekitarnya,” pungkas Kolonel Rico.

Hadir di acara, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB, Danlantamal I Belawan, Dankosek I Medan, Danrem 022/PT, para PJU Kodam I/BB, Kepala Otoritas Pelabuhan Belawan, Kepala Syahbandar Pelabuhan Utama Belawan, GM Pelindo I Cabang Belawan, serta Ketua Persit KCK PD I/BB bersama jajaran pengurus.

Sumber: Pendam I/BB