Kodam IV/Diponegoro Rekrut Prajurit Baru, Kasdam : Hindari KKN

OKEBUNG | Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Budi Irawan memimpin Sidang Pantukhir Tingkat Panda Penerimaan Cata PK TNI AD TA. 2024 Kodam IV/Diponegoro di Balai Diponegoro, Rabu (17/4/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses seleksi untuk mendapatkan prajurit TNI AD yang berkualitas dan unggul. Seleksi dilakukan secara objektif dan transparan melalui beberapa tahapan, hingga dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan pertama untuk dilantik menjadi seorang prajurit TNI AD berpangkat Prajurit Dua.

Dari 729 peserta seleksi yang mengikuti Rik/Uji tingkat Panda, sebanyak 557 orang akan dinyatakan lolos dan berhak mengikuti Sidang Parade tingkat Panda Kodam IV/Diponegoro. Dari 557 orang tersebut, nantinya akan dipilih 390 orang untuk mengikuti pendidikan pertama di Secata Rindam IV/Diponegoro yang akan dibuka pada tanggal 4 Mei 2024.

Melihat tingginya animo masyarakat untuk bergabung dengan TNI AD, Kasdam menekankan kepada panitia seleksi untuk melakukan seleksi secara profesional dan objektif. Ia meminta agar panitia memilih calon yang paling tepat dan terbaik serta menghindari tindakan KKN.

Kepada para calon yang tidak lulus, Kasdam meminta agar mereka diberikan penjelasan yang baik sehingga dapat memperbaiki diri untuk mengikuti seleksi di masa depan. Kasdam juga meminta panitia untuk melakukan dokumentasi dan publikasi terkait proses dan hasil sidang untuk menjaga transparansi.

“Keberadaan panitia seleksi tidak hanya bertanggung jawab kepada TNI AD selaku institusi yang memberi tugas, namun juga memiliki tanggung jawab moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, negara dan rakyat,” kata Kasdam.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Irdam Brigjen TNI Yudi Pranoto, Asintel Kolonel Inf Donny Pramono, Aspers Kolonel Inf J. Hadiyanto, Kakesdam Kolonel Ckm dr. T Armad Tobias Lazar, Kajasdam Kolonel Inf Theopilus Bangun serta Waaspers dan Wakaajendam IV/Diponegoro. (Pendam4/Mz)