Kodim 0206/Dairi Gandeng HKBP Gelar Pelatihan Peternakan untuk Tingkatkan Ketahanan Pangan

Sidikalang, 7 Maret 2024 – Kodim 0206/Dairi bekerja sama dengan Biro Pembinaan HKBP (Pilo Hause HKBP) menggelar pelatihan peternakan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kodim 0206/Dairi. Acara ini berlangsung di Aula Makodim 0206/Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban, Kasdim 0206/Dairi Mayor Inf Jimmy Barus, Pasiter Letda Inf J. Maibang, Pendeta Erik Aritonang dan Pendeta Tambunan narasumber dari pilo hause HKBP.

Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para peternak babi di wilayah Kodim 0206/Dairi dalam beternak babi atau pilo (Pinahan lobu).

“Kegiatan ini sesuai dengan petunjuk dari komando atas dan salah satu program unggulan bapak KASAD jenderal Maruli Simanjuntak diantaranya  ketahanan pangan, TNI AD Manunggal Air, penanganan stunting dan antisipasi bencana alam,” ujar Dandim.

Adapun Materi yang disampaikan dalam sosialisasi pelatihan ini meliputi:

1. Pemberdayaan ternak pilo berbasis jemaat

2. Bagaimana cara memilih indukan

3. Tehnik pembuatan Kandang ternak pilo

4. Bagaimana cara menjaga Kesehatan ternak pilo

5. Bagaimana Pembuatan ECO enzim dan cara pembuatan pakan ternak pilo

Dandim berharap dengan pelatihan ini para peternak dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam beternak pilo, sehingga dapat meningkatkan produksi dan kualitas ternaknya, dan pada akhirnya dapat meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kodim 0206/Dairi.